Rangkaian HUT RI Di Aceh Besar

719
Bupati Aceh Besar bersama para muspida Aceh Besar mengikuti upacara 17 Agustus di Kota Jantho, Aceh Besar
Pemimpin upacara pada peringatan 17 agustus di kota Jantho, Aceh Besar
Pemimpin upacara pada peringatan 17 agustus di kota Jantho, Aceh Besar [Fathul Bashair]

Acehraya.co.id – Rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-70 Kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Aceh Besar yang dipusatkan di Lapangan Bungoeng Jeumpa Kota Jantho berlangsung sukses dan khidmat. Senin, 17 Agustus 2015.

Inspektur upacara dipimpin langsung oleh Bupati Aceh Besar Mukhlis Basyah SSos. Sedangkan pembacaan teks Proklamasi dibacakan oleh Ketua DPRK Aceh Besar Sulaiman SE dan doa dipimpin oleh Kakankemenag Aceh Besar Drs H Salahuddin MPd.

Menjelang peringatan detik-detik Proklamasi RI, Bupati Aceh Besar Mukhlis Basyah, Wakil Bupati Drs Syamsulrizal MKes, unsur Forkopimda Aceh Besar, Kepala SKPD, Muspika Indrapuri, dan tokoh-tokoh masyarakat melakukan doa, ziarah dan tabur bunga ke makam pahlawan nasional Tgk Chik Ditiro di Gampong Meureu, Kecamatan Indrapuri, pukul 06.30 WIB.

Pada kesempatan itu, Bupati menyerahkan bingkisan kepada keluarga pahlawan nasional tersebut. Kegiatan ziarah ini  mendapat perhatian serius dari masyarakat Indrapuri yang berada di sepanjang jalan yang dilalui rombongan Forkopimda dan tokoh-tokoh masyarakat tersebut.

Selanjutnya sekitar pukul 09.30 WIB  dilanjutkan dengan Upacara Puncak HUT RI Ke-70 di Lapangan Bungong Jeumpa, Kota Jantho. Kegiatan diawali dengan penampilan drama perjuangan rakyat Indonesia melawan penjajah Belanda yang diperankan oleh pelajar dan mahasiswa ISBI Aceh, DKA Aceh Besar dibawah binaan Kodim 0101/BS.

Pada upacara HUT ke-70 HUT RI tahun ini, pembawa baki bendera Merah Putih dipercayakan kepada Maya Rayyan, siswi SMAN 1 Ingin Jaya. Sedangkan petugas pengibar bendera masing-masing Maftuh Insan Chaifat, Rahmatullah, Aji Wahyu Fahredi dan ketiganya siswa SMKN Penerbangan Aceh. Adapun komandan pasukan Paskibraka adalah Letda Heru Khoirul Anam (Yonkav 11/Serbu, Danton Pasukan 17 yaitu Syahri Ananda Putra (SMAN 1 Peukan Bada), dan Danton pasukan 45 dipercayakan kepada Ananda Julana Silaban (SMAN 1 Kota Jantho).

Selanjutnya, usai pengibaran bendera, rombongan Bupati Aceh Besar dan pejabat lainnya menghadiri kegiatan penyerahan remisi di Rutan Kelas II B Kota Jantho. Kepala Rutan kelas II B Kota Jantho, Drs Said Mahdar SH menjelaskan, jumlah penghuni warga binaan di Rutan tersebut sebanyak 280 orang. Mereka sebagian besar yakni mencapai 80% terkait kasus narkoba.

Dalam kesempatan itu, Bupati Mukhlis Basyah membacakan sambutan Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia. Bupati juga menyerahkan remisi bebas kepada satu orang penghuni Rutan yang mendapat remisi bebas dari Presiden Republik Indonesia yakni M Ardiansyah bin Yahya. Sedangkan yang memperoleh remisi pada tahun ini yaitu 150 orang remisi umum dan 146 remisi dasawarsa.

Kepada sejumlah wartawan, Bupati Mukhlis Basyah menyampaikan apresiasi atas sukses dan lancarnya kegiatan yang digelar tersebut. Diharapkan, melalui semangat HUT RI Ke-70, pembangunan di Aceh Besar akan terus maju dan berkembang untuk mencapai masyarakat yang mandiri, sejahtera dan damai berdasarkan syariah. “Semoga peringatan HUT ke-70 Kemerdekaan Indonesia menjadi pemicu untuk kita semua untuk dapat memberikan pelayanaan terbaik dan kemakmuran bagi seluruh masyarakat Aceh Besar,” pungkas Mukhlis Basyah.

Peringatan HUT Kemerdekaan ke-70 RI di Aceh Besar juga berlangsung serentak di 23 kecamatan di wilayah tersebut yang dipimpin langsung para camat setempat. [ln]

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY