Acehraya.co.id – Gubernur Aceh, dr H Zaini Abdullah, malam ini, Rabu (19/8) dijadwalkan membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-32 Tingkat Provinsi Aceh yang dipusatkan di Taman Dzulkarnaini, Suka Makmue, ibu kota Kabupaten Nagan Raya. Sedangkan tadi malam, Gubernur Zaini melalui Sekda Aceh, Drs H Dermawan melantik dewan hakim dan dewan pengawas MTQ ke-32 di Anjungan Pendapa Bupati Nagan Raya, Kompleks Perkantoran Suka Makmue.

Kepastian kedatangan Gubernur Aceh ke Nagan Raya disampaikan Sekretaris Umum MTQ ke-32 Tingkat Provinsi Aceh, Abdul Kadir SPd SE kepada Serambi, Selasa (18/8).

“Pak Gubernur sudah memastikan hadir, beliau sudah confirm kehadiran untuk membuka MTQ Provinsi di Nagan Raya,” kata Abdul Kadir. Informasi tambahan yang diterima Serambi menyebutkan, pembukaan MTQ ke-32 oleh Gubernur Aceh dijadwalkan pada pukul 20.30 WIB. Qari terbaik Aceh, Takdir Feriza SPdI yang baru saja meraih juara I pada MTQ Internasional di Istanbul, Turki akan membacakan ayat-ayat suci Alquran pada seremoni pembukaan. Selain Takdir, juga tampil qari terbaik internasional lainnya, H Darwin Hasibuan SPdI. Ada juga pementasan kesenian bernuansa islami oleh grup LASQI Aceh.

Pada Rabu (19/8) sore atau menjelang seremoni pembukaan dilaksanakan pembukaan pameran budaya Islami yang dipusatkan di arena utama MTQ di Alun-Alun Suka Makmue. Peserta pameran selain dari Nagan Raya juga kabupaten/kota lainnya yang menjadi peserta MTQ ke-32.

Kegiatan lainnya yang dilaksanakan pada Rabu siang ini adalah pawai ta’ruf yang dimulai pukul 14.30 WIB. Peserta pawai bergerak dari Anjungan Suka Makmue ke persimpangan empat depan Dinas Bina Marga dan selanjutnya peserta pawai menaiki mobil kafilah masing-masing. Rute yang dilalui peserta pawai ta’ruf dari halaman Pendopo Bupati Nagan Raya ke Jalan Habib Muda Seunagan Lueng Baro, Simpang Peut Jeuram, Kecamatan Beutong dan kembali lagi ke Simpang Peut menuju Langkak, kembali ke Simpang Peut terus ke gerbang Ujong Fatihah (Jalan Paduka Yang Mulia Presiden Soekarno) dan kembali lagi ke arena utama MTQ di Taman Dzulkarnaini Kompleks Perkantoran Suka Makmue.

Lantik Dewan Hakim

Gubernur Aceh, dr H Zaini Abdullah melalui Sekda Aceh, Drs H Dermawan MM, Selasa (18/8) malam melantik dewan hakim dan dewan pengawas MTQ ke-32 di Anjungan Pendapa Bupati Nagan Raya, Kompleks Perkantoran Suka Makmue.

Dalam pelantikan tersebut, Prof Dr Azman Ismail MA dikukuhkan sebagai koordinator serta dewan hakim perwakilan kabupaten/kota dalam wilayah Provinsi Aceh.

Bupati Nagan Raya, Drs HT Zulkarnaini pada malam ta’aruf serta pelantikan dewan hakim dan dewan pengawas menceritakan tentang kondisi Kabupaten Nagan Raya yang didiami beragam suku namun hidup rukun dan damai. “Kami sangat bangga atas penunjukan Nagan Raya sebagai tuan rumah MTQ Aceh ke-32,” kata Bupati Nagan Raya yang akrab disapa Ampon Bang.

Gubernur Aceh melalui Sekda Dermawan dalam sambutannya mengatakan, dewan hakim merupakan orang-orang terpilih yang diberikan tugas untuk memelihara dan menjaga kesucian Alquran, khususnya saat pelaksanaan MTQ.

Pengukuhan yang dilakukan, menurut Sekda Aceh merupakan bagian penegasan ulang komitmen untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsi sebagai dewan hakim MTQ Aceh ke-32 secara berkeadilan, transparan, tanpa memihak serta senantiasa menjunjung tinggi kebenaran. “Tugas sebagai dewan hakim MTQ diibaratkan lembaga Mahkamah Agung yang kemudian menjadi benteng keadilan dalam even MTQ,” kata Dermawan.

Sekda Aceh juga berharap agar koordinator, ketua serta seluruh anggota dewan hakim supaya bekerja dengan baik, profesional dan objektif. “Berilah penilaian yang adil dan tidak diskriminatif sehingga tidak ada yang dirugikan dalam even mulia tersebut,” demikian Sekda Aceh. [trb]

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY