Socolatte, Coklat Sehat Asal Aceh

1243

Acehraya.co.id – Berwisata ke Aceh, cobalah coklat khas Serambi Mekkah bernama Socolatte. Inilah coklat asli olahan negeri sendiri, dari Kabupaten Pidie Jaya, Aceh. Semuanya dibuat langsung dari tangan pekerja wanita Aceh yang terampil.

Berwisata ke Negeri Tanah Rencong Aceh, ada yang menarik selain wisata tsunami, bahari, religi, budaya, dan alamnya. Selain Mie Aceh dan kopinya, di Aceh tenyata masih banyak wisata kuliner yang khas Aceh, di antaranya adalah Socolatte!

Ya, ketika saya melewati Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, saya sempat singgah sesaat untuk merasakan enaknya coklat yang langsung saya cicipi di pabriknya. Didampingi Pak Irwan sebagai pemilik pabrik pengolahan coklat, saya banyak mendapat ilmu tentang besarnya peluang dalam usaha agrobisnis di negeri ini, khususnya coklat.

Dari ruang bahan mentah, ruang pengolahan, hingga ruang packing, saya dijelaskan tentang coklat ini. Berbagai peralatan atau mesin pendukung untuk pengolahan terdapat di sini. Para pekerja pengolah coklat yang semuanya wanita yang asli warga sekitar, sangat cekatan dalam tugasnya masing-masing.

Socolatte adalah produk makanan yang berbahan baku utama biji coklat sehat asli dari Aceh. Produksinya di Jalan Banda Aceh Medan, Km 138, Baroh Musa, Kecamatan Bandar Baru, di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh.

Socolatte juga produk coklat olahan perdana di Aceh. Bahan baku juga dipetik dari hasil kebun petani Aceh. Produk Socolatte ini mulai diproduksi sejak tahun 2010, dan proses pengolahannnya ini dilakukan langsung oleh seorang petani yang telah berpengalaman tentang kakao. Mulai dari budidaya hingga ke pengolahan coklat.

Proses pengolahan ini juga dibantu oleh tenaga teknis dan tenaga ahli coklat dari Jepang, sehingga lahirlah cikal bakal produk-produk Socolatte yang memiliki citarasa dan aroma khas Aceh.

Ketika saya bekunjung ke pabriknya, berbagai coklat dan produk-produk kakao seperti bubuk, permen, minuman, dan berbagai jenis makanan berbasis kakao yang tentunya tidak lupa saya cicipi satu demi satu. Tak hanya keunikan dan kelezatan coklat, hasil bumi Aceh ini tidak dapat di tandingi oleh produk sejenisnya.

Selain rasanya yang enak, coklat juga berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Selain mengandung sejumlah nutrisi yang diperlukan, ia juga mengandung beberapa komponen yang memberikan sumbangan penjagaan tubuh. Komponen tersebut berasal dari bubuk kakao yang dikandungnya.

Nah, kalau ke Aceh jangan lupa merasakan langsung nikmatnya Coklat Aceh. Cocok juga menjadi buah tangan atau oleh-oleh. Pastinya produksi dalam negeri sendiri dan tentu enak bukan main. Bagi anda yang ingin memesan via internet/whatsapp di sini.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY