Acehraya.co.id – PT Pertamina (Persero) saat ini terus menggenjot pengerjaan proyek panas bumi Ulubelu unit 3 & 4 dengan total kapasitas 2 x 55 MW yang diharapkan dapat menjadi penopang bagi ketersediaan pasokan listrik di wilayah provinsi Lampung. Progres pekerjaan proyek tersebut saat ini telah mencapai 56,12%.

Dengan kemajuan tersebut, Direktur Hulu Pertamina Syamsu Alam yakin PLTP Ulubelu akan tuntas sesuai target COD, yaitu Agustus 2016 untuk PLTP Ulubelu unit 3 dan Juni 2017 untuk PLTP Ulubelu unit 4.

“Proyek PLTP Ulubelu 3 dan 4 merupakan breakthrough project Pertamina di sektor hulu. Saat ini Proyek tersebut telah mencapai kemajuan sebesar 56,12%. Dengan kemajuan tersebut, PLTP Ulubelu akan tuntas sesuai target COD, yaitu Agustus 2016 untuk PLTP Ulubelu unit 3 dan Juni 2017 untuk PLTP Ulubelu unit 4,” ujar Syamsu seperti dikutip merdeka.com dari situs resmi Kementerian ESDM.

Dengan kemajuan proyek yang ada saat ini, Syamsu yakin PLTP Ulubelu 3 & 4 akan selesai dan onstream sesuai target. “Jika tuntas, secara keseluruhan PLTP Ulubelu akan berkontribusi sebesar 23% dari total pasokan listrik untuk Lampung,” lanjut Syamsu.

Pasokan listrik di Lampung yang mencapai 832,2 MW (daya terpasang) saat ini 52% bergantung dari Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU), 19% dari Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD), 14% Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), dan hanya 13% dari PLTP. Pada 2017 ketika daya terpasang mencapai 994 MW, PLTP Ulubelu 1,2,3 dan 4 akan berkontribusi sebesar 220 MW.

PLTP Ulubelu 3 & 4 adalah termasuk dua dari proyek-proyek yang pemancangan tiang pertamanya diresmikan oleh Presiden Jokowi pada awal Juli lalu. Proyek PLTP Ulubelu 3 & 4 dibangun oleh PT Pertamina Geothermal Energy dengan skema total project, artinya PGE menjual listrik langsung kepada PLN.

Proyek PLTP Ulubelu 3 & 4 pekerjaan engineering, procurement, dan construction (EPC) dilaksanakan oleh konsorsium Sumitomo-Rekayasa Industri. Pertamina Drilling Services Indonesia (PDSI), anak perusahaan yang bergerak di bidang pengeboran bertindak selaku pelaksana pekerjaan pengeboran sumur. PLTP Ulubelu 3 & 4 total pengeboran ditargetkan mencapai 23 sumur yang terdiri dari 17 sumur produksi dan enam sumur injeksi. Saat ini, 20 sumur telah berhasil dibor, dengan perincian 16 sumur produksi dan 4 sumur injeksi. Saat ini rig PDSI sedang persiapan untuk pengeboran sumur produksi.

sumber : merdeka

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY