Amerika Serikat Siap Tampung 8.000 Pengungsi Suriah

511
Keluarga pengungsi Kurdi Suriah mengantre untuk mendapatkan makanan di kamp pengungsi Quru Gusik, sekitar 20 kilometer sebelah timur dari Arbil, ibu kota wilayah otonomi Kurdi di Irak utara, [AFP PHOTO SAFIN HAMED]

Acehraya.co.id – Sebanyak 5.000 hingga 8.000 pengungsi Suriah pada 2016 diharapkan bisa ditampung oleh pemerintah Amerika Serikat. Menurut juru bicara Kementerian Luar Negeri AS, John Kirby, pada Senin (24/8/2015), sebanyak 15 ribu pengungsi Suriah telah siap menuju AS. “Mereka akan diurus oleh badan pengungsi Perserikatan Bangsa-Bangsa.”

Pada Desember 2014, Washington pernah mengatakan bahwa telah menerima 9.000 pengungsi Suriah sesuai arahan PBB. Selama ini AS mendapatkan kritik dari berbagai negara karena dianggap tidak turut ambil bagian dalam penanganan sekitar 4 juta pengungsi Suriah yang menjadi korban perang saudara di negeri itu sejak 2011.

Menghadapi kritik tersebut, Kirby berdalih bahwa AS adalah pemimpin untuk masalah pengungsi dan memberikan bantuan keuangan guna upaya permukiman kembali. “Namun pekerjaan itu tidak bisa dinilai sukses sekarang,” Kirby berkata.

Kirby menambahkan, “AS benar-benar komit memberikan bantuan mencari solusi transisi politik di Suriah sehingga negeri itu memiliki lingkungan yang aman bagi warganya untuk kembali, termasuk terhadap jutaa orang yang mengungsi di Turki saat ini.”

AS telah menyumbang dana bantuan kemanusiaan sebesar US$ 4 miliar atau sekitar Rp 56 triliun bagi orang-orang yang terkena dampak kekerasan di Suriah sejak 2011.

Komisioner Tinggi untuk Pengungsi PBB, Antonio Guterres, mengatakan, jumlah pengungsi Suriah telah melampui angka empat juta pada Juli 2015 dan kemungkinan bakal meningkat menjadi 4,27 juta orang pada akhir tahun ini.

sumber : harianaceh

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY