1000 Guru, Siap Mengajar Di Pelosok Aceh

1988
Tim 1000 Guru bersama Murid SDN Garot Leupung, Aceh Besar (Eko Prasetyo wk)

Acehraya.co.id – Suasana tampak ramai oleh para relawan dari komunitas 1000 Guru di SDN Garot, Leupung, Aceh Besar pada sabtu (29/8). Komunitas 1000 Guru merupakan sebuah komunitas yang berasal dari Jakarta, dimana komunitas ini adalah sebuah komunitas yang berkecimpung untuk membantu anak-anak Sekolah Dasar yang berada di pedalaman serta perbatasan Indonesia agar mendapat pendidikan yang lebih baik sebagaimana pendidikan anak-anak lain di Indonesia.

Adalah program 1000 guru ini yang mengikut sertakan anak muda dari berbagai kalangan dengan latar belakang berbeda-beda seperti dari mahasiswa, guru, fotografer, aktivis, pekerja swasata dan Dokter.

Bertempat di SDN Garot Leupung Aceh Besar, para relawan 1000 Guru ini melakukan program “Teaching and Giving” dimana program ini adalah sebuah rangkaian kegiatan untuk memberikan motivasi pada para siswa.

“Dalam kegiatan ini, kami selaku relawan dari 1000 Guru mencoba memberikan motivasi semangat belajar kepada adik-adik siswa agar mereka dapat meraih cita-cita yang mereka inginkan dan ditempelkan pada pohon impian” ujar Andri Munazir kepada Acehraya.co.id.

Seorang siswa menempelkan Cita-cita nya di pohon impian. (Eko Prasetyo wk)
Seorang siswa menempelkan Cita-cita nya di pohon impian. (Eko Prasetyo wk)

Selain memberikan motivasi kepada para siswa, pada kegiatan “Teaching and Giving” ini, juga dilakukan pembersihan sekolah untuk menjaga lingkungan serta untuk penutup kegiatan, para relawan 1000 guru juga memberikan bantuan berupa tas kepada para siswa yang berada di SDN Garot, Leupung, Aceh Besar.

“Alhamdulillah pada kegiatan sosial kali ini, GIIAS juga ikut membantu dengan memberikan bantuan alat sekolah berupa Tas untuk para siswa yang berada SDN Garot, Leupung, Aceh Besar” tutup Andri Munazir.

1000 Guru Hadir di Aceh

Usai Peresmian 1000 Guru Aceh oleh Tim Pusat 1000 Guru . (Dinni S.)
Usai Peresmian 1000 Guru Aceh oleh Tim Pusat 1000 Guru . (Dinni S.)

Sebanyak 65 relawan yang terdiri atas berbagai kalangan seperti guru, fotografer, dokter, dan aktivis, meresmikan Program 1.000 Guru Regional Aceh melalui “Meet and Great” di Keude Kupi Aceh kawasan Lampineung, Banda Aceh, Sabtu (29/8).

Pada kegiatan “Meet and Great” panitia pusat mencoba menjelaskan visi dan misi dari program 1000 Guru agar dapat di mengerti oleh para relawan 1000 Guru yang berasal dari Aceh.

“Pada Meet and Great kami selaku panitia 1000 Guru dari pusat, mencoba menjelaskan apa itu program “Traveling and Teaching”. Nantinya para relawan ini akan jalan-jalan sambil mengajarkan berbagi ilmu pada anak-anak di pedalaman Aceh,” ujar Riri, salah seorang pengurus Program 1.000 Guru Pusat kepada Acehraya.co.id.

Sementara itu Koodinator 1000 Guru Aceh, Andri Munazir mengatakan, kegiatan mereka murni aksi sosial untuk membantu siswa di daerah-daerah untuk mendapatkan pendidikan lebih baik sebagaimana layaknya.

“Kegiatan ini murni aksi sosial untuk membantu anak-anak di daerah pedalaman dan perbatasan untuk mendapatkan pendidikan lebih baik. Untuk menjadi relawan 1000 Guru tidak harus berasal dari guru, semua anak muda dari berbagai profesi bisa mengikuti program ini. Dan perlu diketahui, aksi sosial ini tidak ada unsur politik” tutup Andri Munazir selaku koordinator 1000 Guru Aceh. (cb/am)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY