Kabut Asap Jambi Selimuti Lhokseumawe, Sejumlah Penerbangan Terganggu

472
Asap menyelimuti kota Lhokseumawe dalam tiga hari terakhir (Munandar)

Acehraya.co.id – Asap menyelimuti kota Lhokseumawe dalam tiga hari terakhir, sejumlah wilayah di Aceh diselimuti oleh kabut asap yang berasal dari kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Jambi.  Akibatnya, jarak pandang serta sejumlah jadwal penerbangan menjadi terganggu.

“Asap menyelimuti kota Lhokseumawe dalam tiga hari terakhir ini. Dampak dari asap ini berimbas pada berkurangnya jarak pandang dan menggngu jadwal penerbangan di bandara Malikussaleh Lhokseumawe,” ujar Muhammad Syifaul, Prakirawan dari BMKG Lhokseumawe, Minggu 30 Agustus 2015.

Sementra itu, sejak hari Kamis pesawat Garuda rute Medan Lhokseumawe mengalami keterlambatan atau delay  selama tiga jam. Keesokan harinya, Jumat, pesawat Garuda juga gagal mendarat di bandara tersebut akibat jarak pandang yang terbatas.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Lhokseumawe mencatat wilayah Aceh dan Lhokseumawe tidak terpantau adanya titik api. Namun pihak BMKG menghimbau masyarakat agar tidak melakukan pembakaran sembarangan.

BMKG menghibau masyarakat agar menyiapkan masker untuk berjaga-jaga. “Ada baiknya masyarakat menyiapkan masker (penutup mulu dan hidung) untuk berjaga-jaga tidak terjadi sesak dan sebainya,” kata Syifaul. [viva]

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY