5 Fakta tentang Gerakan Bersih 4 Malaysia

516
Aksi demonstrasi menuntut PM Malaysia mundur (Foto: Reuters)

Acehraya.co.id – Ribuan pengunjuk rasa memenuhi ibukota Malaysia, Kuala Lumpur, mulai Sabtu 29 Agustus 2015. Polis Diraja Malaysia menyebut tidak kurang dari 30.000 orang yang berdemonstrasi di seluruh negeri jiran itu.

Mereka menuntut Perdana Menteri Najib Razak mundur terkait skandal keuangan yang menimpanya.

Demonstran yang menamakan diri Bersih, menyerukan warga untuk turun ke jalan di Kuala Lumpur, Kinabalu, dan Kuching. Petugas keamanan pun berjaga ketat di seantero kota.

Polis Diraja Malaysia menyebut tidak kurang dari 30.000 orang yang berdemonstrasi di seluruh negeri jiran itu. Mereka menuntut agar Perdana Menteri Najib Razak mengundurkan diri.

The Wall Street Journal melaporkan ada dana sebanyak US$ 700 juta berkaitan dengan 1MDB, perusahaan penanam modal milik negara yang dirundung utang, telah dialihkan ke rekening pribadi Najib.

Namun, Najib membantah telah mengambil dana masyarakat tersebut untuk kepentingan pribadi.

Selain menuntut pengunduran diri, Antaranews mencatat ada 5 tuntutan lain yang disuarakan para demonstran. Kelima tuntutan tersebut yaitu pemilihan umum yang bebas dan adil, pemerintah yang transparan, hak untuk berdemonstrasi, diperkuatnya sistem parlementer, serta diselamatkan ekonomi nasional. [liputan6]

Baca Selengkapnya

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY