Simeulue, Salah Satu Surga Bagi Surfer Dunia

693
Simeulue merupakan surga para surfer dunia. (Dylan Right)

Acehraya.co.id – Simeulue di Provinsi Aceh tergolong salah satu pulau yang cukup mungil. Bahkan, pulau ini pula dianggap berbahaya karena kerap diguncang gempa. Namun, keindahan alamnya begitu menggoda para pelancong sehingga wisatawan mancanegara pun datang ke pulau tersebut untuk menikmati panoramanya.

Paul dan Andrew menghentikan laju sepada motor sewaannya begitu melintas di Desa Nancala, Kecamatan Teupah Barat, Kabupaten Simeulue, Aceh, Jumat (13/4). Hamparan pasir putih, lambaian nyiur, dan gulungan ombak di ujung sana menyedot segenap perhatian dua pelancong dari Kanada itu.

Mereka lantas menurunkan papan selancar dari sepeda motor dan menyusuri pantai. Empat rekan mereka lainnya menyusul sambil berlarian kecil dan ditingkahi celoteh penuh kekaguman.

”Ini luar biasa. Ini yang kami cari-cari. Kami bisa sampai malam di sini. Langit cerah dan ombaknya juga bagus,” kata Andrew.

Mereka tidak terpengaruh dengan kepanikan yang baru saja melanda Simeulue. Maklum, dua hari sebelumnya gempa kembar berkekuatan 8,5 Richter dan 8,8 Richter mengguncang Simeulue. Warga sempat panik dan berlarian ke perbukitan untuk menghindari smong atau tsunami. Ini gempa besar ketujuh dan delapan yang mengguncang Simeulue dalam 10 tahun terakhir.

Paul mengaku sempat panik saat gempa melanda. ”Tapi sekarang keadaan sudah kembali normal. Sayang, kan, kalau kami batal berselancar. Soalnya kami datang untuk menikmati alam he-he-he,” terang Paul.

Surga Bagi Peselancar

Bagi para peselancar, Pulau Simeulue adalah surga. Ombak dengan ketinggian 5 meter, laut bersih, dan langit cerah menjadi idaman banyak peselancar. Apalagi, Simeulue belum banyak dikunjungi orang sehingga membuat peselancar leluasa menyalurkan hobinya.

Itulah yang diakui John May, pelacong asal Selandia Baru. ”Alam masih natural dan bersih. Saya lebih suka di sini daripada Bali meskipun di Bali lebih mudah mencari penginapan,” ujarnya. [exploresimeulue]

Baca Selengkapnya

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY