Aktifis HAM Di Banda Aceh Peringati 11 Tahun Kematian Munir

699
Sejumlah aktifis HAM di Banda Aceh, menggelar Aksi di Bundaran Simpang Lima, Banda Aceh (7/09 )untuk memperingati 11 tahun kematian Pejuang HAM Munir Said Thalib.

Acehraya.co.id  -Sejumlah aktifis Hak Asasi Manusia (HAM) di Banda Aceh menggelar aksi di Simpang Lima, Banda Aceh hari ini, Senin (7/9). Aksi ini dilakukan untuk memperingati 11 tahun dibunuhnya penjuang HAM, Munir Said Thaib.

“Aksi yang kami lakukan di Simpang Lima Banda Aceh hari ini merupakan aksi damai untuk memperingati 11 tahun dibunuh aktifis HAM Munir,” kata Koordinator Kontras Aceh, Hendra Sahputra.

Hasil pantauan acehraya.co.id, para aktifis yang ikut dalam aksi tersebut tampak membawa poster pejuang HAM, Munir Said Thaib.

Aksi hari ini, kata Hendra mengusung tema Kejahatan Masa Lalu Dibungkam, Mesa Depan Bangsa Akan Suram.

Oleh karena itu, mantan aktivis Solidaritas Mahasiwa untuk Rakyat (SMUR) ini mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk mengenang semua jasa-jasa yang sudah dilakukan oleh almarhum. Dia juga berharap Pemerintah Indonesia dan Aceh bisa menuntaskan mata ratai pelanggaran HAM masa lalu.

“Semoga pemerintah Indonesia dan Aceh dapat dengan segera menyelesaikan semua kasus yang berkaitan dengan pelanggaran HAM baik di Aceh maupun di Indonesia” ujarnya.

Seperti diketahui, pada tanggal 7 September 2004 lalu, Munir selaku Koordinator Kontras Pusat meninggal dunia setelah diracun dalam pesawat  saat terbang ke Belanda. Munir kala itu sangat gencar memperjuangkan HAM, termasuk hendak membongkar pelanggaran HAM yang terjadi di Aceh. [cb]