Oktober, Event TTG Nasional 2015 Akan Berlangsung di Aceh

3336

Acehraya.co.id – Sekitar 400 stan akan meramaikan Pekan Inovasi Perkembangan (PIN) Desa/Kelurahan Nasional dan Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) Ke-17 Tingkat Nasional Tahun 2015 di Aceh. Kegiatan yang berlangsung pada 7-12 Oktober mendatang tersebut dipusatkan di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Aceh, Drs Zulkifli Hs MM menyebutkan, stan itu berasal dari 34 provinsi dan sejumlah kabupaten/kota di seluruh Indonesia, kementerian, lembaga pemerintah non-kementerian, negara tetangga seperti Malaysia, dan beberapa instansi lainnya. “Tamu undangan dari luar Aceh yang hadir saat pembukaan kegiatan itu nanti kita perkirakan mencapai 4.000 orang,” ungkap Zulkifli.

Menjelang pelaksanaan PIN Desa/Kelurahan Nasional dan Gelar TTG tingkat nasional tahun ini, menurutnya, berbagai persiapan terus dilakukan pihaknya selaku panitia dan selalu berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat. Salah satu persiapan itu, sebut Zulkifli, Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kemendagri, Senin (31/8) menggelar rapat persiapan untuk kedua even tingkat nasional itu di Hotel Grand Nanggroe Banda Aceh.

Rapat persiapan itu, sebut Zulkifli, diikuti utusan dari 34 provinsi di Indonesia, kementerian terkait, dan sejumlah SKPA. Rapat tersebut, lanjutnya, membahas berbagai hal terkait pelaksanaan PIN dan TTG tingkat nasional tahun ini. Seusai rapat, tambah Zulkifli, peserta meninjau ke lokasi acara nanti. “PIN desa/kelurahan nasional dan gelar TTG tingkat nasional tahun 2015 di Aceh menurut rencana akan dibuka Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi),” demikian Kepala BPM Aceh, Drs Zulkifli Hs MM.

Sementara itu, Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri, Nata Irawan SH MSi yang diwakili Direktur Evaluasi Perkembangan Desa, Dr Eko Prasetyanto PP SSi MSi MA saat membuka rapat persiapan itu, kemarin, menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Aceh yang sudah bersedia menjadi tuan rumah PIN Desa/Kelurahan dan Gelar TTG Tingkat Nasional Tahun 2015.

Menurutnya, kegiatan yang dilaksanakan dalam even tersebut antara lain pameran, lokakarya, seminar internasional, penilaian stan, widyawisata, panggung hiburan, dan pentas budaya. “Untuk efektivitas penyelenggaraan kegiatan tersebut perlu dilakukan langkah-langkah persiapan seperti rapat yang kita laksanakan hari ini. Dengan persiapan yang matang, kita harapkan PIN dan gelar TTG tingkat nasional tahun ini akan berlangsung sukses,” harap Eko.

Sekda Aceh, Drs Dermawan MM yang diwakili Asisten I, Dr Iskandar A Gani SH MHum dalam sambutannya antara lain mengatakan PIN Desa/Kelurahan dan Gelar TTG Tingkat Nasional tahun ini akan disinergikan dengan penyelenggaraan gelar TTG Ke-10 Tingkat Provinsi Aceh Tahun 2015. “Artinya, Aceh akan melibatkan semua kabupaten/kota dalam TTG nasional kali ini,” ujar Iskandar. [jal/tribunnews]

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY