Misteri Asal Usul Habib Bugak Asyi

711
Salah satu hotel yang berada di kawasan kota Mekkah

Acehraya.co.id – Wakaf adalah salah satu konsep pemberian harta yang terdapat di dalam Islam. Konsep ini juga adalah berlandaskan konsep sedekah. Salah satu contoh teladan yang sangat mulia ditunjukan oleh Habib Bugak Asyi yang telah mewakafkan tanah beliau dihadapan Hakim Mahkamah Mekkah yang terletak di daerah Qusyasyiah (antara Marwah dan Mesjid Haram, di sekitar pintu Bab al Fatah sekarang) kepada rakyat Aceh.

Harta yang di wakaf (Al-Mawquf) sekarang telah mencapai nilai triliyunan rupiah   berupa sebuah tanah yang dibangun hotel berbintang (Funduk Ajyad) 25 lantai serta menara (Burj Ajyad) setinggi 28 tingkat yang mampu menampung sekitar 7000 jama’ah. Hotel berbintang tersebut dibangun oleh pengusaha Malaysia, tidak kurang Rp. 25 Milyar per tahun dikembalikan kepada Pemerintah Aceh melalui Pengelola Harta Wakaf tersebut yang ada di Mekkah.

Berdasarkan fakta diatas, banyak dari kalangan para sejarahwan dan ilmuwan lainya yang tertarik untuk mengkaji tentang asal-usul Habib Bugak Asyi. Apabila berbicara tentang asal usul tentunya tidak akan terlepas dari pada Ilmu Nasab. Dengan ilmu nasab kita dapat mengetahui asal usul setiap anak manusia begitu pula dengan Habib Bugak Asyi. Dalam beberapa tahun ini muncul opini bahwa Habib Bugak Asyi adalah Habib Abdurrahman Al-Habsyi. Siapakah Habib Abdurrahman Al-Habsyi ? sehingga beliau dikatakan adalah Habib Bugak Asyi.

Baca Selengkapnya

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY