Mengintip Keindahan Seulawah Agam

761
Pintu angin yang berada dikawasan Seulawah Agam (Faisal Amin /Aceh Adventure)

Acehraya.co.id – Aceh memiliki banyak gunung, ketinggiannya pun beragam mulai dari 3000-an sampai yang paling rendah. Hutannya pun masih tergolong relatif lebatan dan juga masih banyak yang masih perawan. Bahkan, sebagian gunung di Aceh sudah dikatagorikan sebagai hutan lindung oleh Pemerintah Aceh.

Gunung Seulawah Agam misalnya, gunung ini juga sudah masuk dalam hutan lindung. Gunung Seulawah Agam merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif di Aceh. Di Aceh ada beberapa gunung berapi yang aktif, ada gunung Burnitelong di Bener Meriah, gunung Peut Sagoe di Gempang dan juga ada gunung Jaboi di Sabang. Demikian juga ada sejumlah gunung api lainnya di Aceh, baik yang masih aktif ataupun sudah tidak aktif.

Dari sekian banyak gunung di Aceh, ada sebuah gunung yang sering kali menarik perhatian para turis yang datang ke Banda Aceh, Seulawah Agam namanya. Jika anda sedang berkunjung ke Banda Aceh melalui bandara Sultan Iskandar Muda Blang Bintang, cobalah melihat ke arah timur dari tempat yang terbuka, pasti anda akan melihat mahakarya Sang Pencipta tersebut menjulang tinggi seakan menjadi pilar penopang langit.

Walaupun ketinggiannya hanya 1800 meter di atas permukaan laut (MDPL), Seulawah Agam banyak menyimpan keindahan yang belum tercemari. Gunung ini belum banyak dikunjungi orang, jadi bagi anda yang sedang mencari spot pendakian yang masih asri dan damai, Seulawah Agam bisa menjadi tujuan anda selanjutnya.

Daniel, seorang turis Manchester yang juga seorang pengelola website informasi pegunungan www.gunungbagging.com saat di temani oleh Tim Aceh Adventure yang di pandu langsung oleh Heri Bolang, ketika mendaki Seulawah Agam menjelaskan bahwa gunung di Aceh belum banyak dipadati orang tidak seperti di Jawa.

“Contohnya lihat saja Mahameru sekarang sudah padat hingga jumlah kuota pendakinya saja sudah dibatasi, begitu juga gunung Gede dan gunung lainnya. Padahal masih banyak gunung di Indonesia yang juga bisa di daki,” jelasnya dengan aksen British yang kental.

Turis berusia 32 tahun ini adalah seorang pendaki gunung yang sudah 5 tahun tinggal dan menjelajah gunung-gunung di Indonesia, dan kali ini giliran Seulawah Agam yang menjadi target selanjutnya.

Gunung Seulawah Agam cukup mudah dijangkau, dari Banda Aceh hanya 70 kilometer ke Arah Saree Aceh Besar yang berada di ketinggian 600 MDPL. Selanjutnya anda bisa memasuki perkampungan penduduk mengambil jalan lewat samping sekolah pertanian Saree menuju kampung Aceh dan bila memiliki kendaraan anda bisa menitipkannya di rumah penduduk.

Berikutnya sebelum memasuki area hutan anda akan melewati areal perkebunan masyarakat. Saree terkenal dengan hasil perkebunannya seperti ubi, ketela, pisang, dan sayur-mayur, jadi tidak heran di Saree sepanjang jalan anda akan melihat kios-kios kecil yang menjajakan berbagai jenis keripik. [acehadventure.com]

Baca Selengkapnya

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY