HIMAPDA Desak DPR Aceh Untuk Segera Plenokan Kabupaten Aceh Raya

679

Acehraya.co.id – Ketua Himpunan Mahasiswa Peukan Bada (HIMAPDA), Teungku Helmi, mendesak DPR dan Pemerintah Aceh untuk segera melakukan rapat pleno soal pemekaran Kabupaten Aceh Raya.

Saat Acehraya.co.id menghubunginya melalui saluran telepon, Teungku Helmi mengatakan bahwa dirinya sudah geram dan tidak bisa lagi menunggu terlalu lama terkait soal pembentukan Kabupaten Aceh Raya.

Teungku Helmi, Ketua Himpunan Mahasiswa Peukan Bada (HIMAPDA) (facebook Teungku Helmi)
Teungku Helmi, Ketua Himpunan Mahasiswa Peukan Bada (HIMAPDA) (facebook Teungku Helmi)

“Persoalan Aceh Raya, sudah sejak dari tahun 1999 dan sampai hari ini belum juga terwujud. Menurut info terakhir yang saya tau, macetnya itu ditingkat DPR Aceh. Dan yang membuat saya heran, kenapa harus terhambat ditingkat DPR Aceh. Padahal dari segi kelayakan, Aceh Raya sudah bisa menjadi sebuah Kabupaten baru di Aceh”, ujar Teungku Helmi.

Bagi Teungku Helmi, lambatnya proses ditingkat DPR Aceh sangat menggangung dirinya berserta para mahasiswa wilayah Aceh Raya. Karena menurutnya, jika dilihat dari segi sejarah, isu pemekaran Kabupaten Aceh Raya sudah awal dibanding beberapa wilayah lain di Aceh.

“Kalau saya perhatikan, isu tentang pemekaran Kabupaten Aceh Raya sudah duluan dibanding Pidie Jaya dan Nagan Raya. Tapi kenapa 2 Kabupaten itu sudah terwujud. Sedangkan untuk Aceh Raya masih terhambat di DPR Aceh”, ungkap Helmi.

Helmi juga menambahkan, bahwa luasnya Kabupaten Aceh Besar merupakan faktor lain dari beberapa faktor yang membuat Kabupaten Aceh Raya harus secepatnya berdiri. “Dari segi geografis, kabupaten Aceh Raya sudah sangat layak. Apalagi didukung dari segi SDM dan SDA”.

Terakhir harapan Teungku Helmi kepada DPR Aceh, “Segera plenokan secepatnya pembentukan Kabupaten Aceh Raya. Karena proses terwujudnya Kabupaten Aceh Raya hanya tinggal 3 langkah lagi. Kalau ditingkat di DPR Aceh sudah selesai, maka hanya tinggal di tingkat Gubernur dan Mendagri. Jadi, secepatnya DPRA harus memplenokan pembentukan Kabupaten Aceh Raya”, tutup Teungku Helmi kepada Acehraya.co.id. [cb]

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY