Dubes Saudi Jawab Kritikan Tragedi Mina: Jangan Berspekulasi, Tunggu Investigasi

327
Duta Besar Arab Saudi, Mustafa bin Ibrahim Al Mubarak (Danu Damarjati/detikcom)

Acehraya.co.id – Pemerintah Arab Saudi mendapat kritikan tajam dari sejumlah negara yang menyoroti tragedi Mina. Tragedi tersebut menewaskan 769 orang.

Pihak Saudi di Jakarta, yakni Duta Besar Mustafa bin Ibrahim Al Mubarak, menanggapi kritikan soal penyelenggaraan ibadah haji, saat perayaan Hari Nasional Arab Saudi di Ciputra World I, Jl Prof Dr Satrio, Jakarta Selatan, Selasa (29/9/2015) malam.

“Kita tidak bisa berspekulasi mengenai tragedi ini. Yang penting kita tunggu investigasi,” kata Mustafa.

Investigasi terhadap tragedi Mina masih terus berjalan. Mustafa menyatakan sampai kini belum ada hasil yang diungkapkan. Bila nantinya sudah selesai, maka pihak Saudi akan mengungkapnya ke publik. “Dengan transparan,” imbuhnya.

Pengkritik tragedi Mina yang paling menonjol adalah dari pihak Republik Islam Iran. Apakah Duta Besar Iran di Indonesia diundang dalam acara peringatan hari nasional Saudi di Indonesia ini?

“No comment,” jawab Mustafa.

Dalam acara ini, Mustafa berdoa semoga para korban tragedi Mina menjadi syuhada. Acara ini dihadiri oleh menteri-menteri dari Indonesia seperti Menter Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Perindustrian Saleh Husin, Menteri Desa dan PDT Marwan Jafar, dan Menkominfo Rudiantara.

Hadir pula Ketua MPR Zulkifli Hasan dan Wakil Ketua DPR Agus Hermanto. Ada pula politikus, yakni Ketum Gerindra Prabowo Subianto, Ketum Golkar Aburizal Bakrie, dan senior PKS Tifatul Sembiring.

Duta Besar dan perwakilan yang hadir di acara ini antara lain dari Libya, Iraq, Uni Emirat Arab, Qater, Kuwait, Oman, Palestina, Somalia, dan negara-negara ASEAN. Duta Besar dan perwakilan dari Eropa antara lain Prancis dan Inggris.

Salah satu staf Kedutaan Arab Saudi menyebut telah berkomunikasi dengan pihak Kedutaan Iran. Namun kabarnya Duta Besar Iran sedang berhalangan hadir langsung karena berada di luar negeri.

Terlepas dari itu, kritikan keras yang dilancarkan Iran ke Saudi terkait tragedi Mina, Dubes Saudi untuk Indonesia Mustafa menyatakan tragedi itu pernah terjadi pada masa lampau. Dan itu sungguh menyedihkan.

“Kita pernah melihat tragedi ini pada waktu yang lalu, dan tragedi yang menyedihkan sekali,” kata Mustafa. [detikcom]

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY