Serunya Pelepasan Tukik Sisik Dan Tukik Belimbing di Lhoknga

643
Anak penyu atau tukik. (martiana.wordpress.com)

Acehraya.co.id – Penyu, seringkali juga disebut sebagai kura-kura laut, ditemukan di semua samudra di dunia. Penyu Berbeda dengan kura-kura karena memiliki sepasang tungkai depan yang berupa kaki pendayung yang memberinya ketangkasan berenang di dalam air.

Perbedaan lainnya antara penyu dengan kura-kura adalah tidak adanya kemampuan untuk menarik anggota tubuhnya masuk ke dalam tempurung seperti yang dilakukan oleh kura-kura. Seumur hidup penyu dihabiskan dengan berkelana di dalam air. Meskipun hidup di air, kelas reptilia ini tetap harus sesekali naik ke permukaan air untuk mengambil napas. Itu karena penyu bernapas dengan paru-paru.

Di dunia, terdapat 7 jenis penyu, dan 6 jenis diantaranya terdapat di Indonesia. Dari ketujuh spesies yang ada, semuanya masuk ke dalam IUCN Red List of Endangered Species dan UU hewan langka yang dilindungi. Adapun 7 jenis penyu yang dilindungi oleh undang-undang adalah:

  1. Penyu hijau (Chelonia mydas)
  2. Penyu sisik (Eretmochelys imbricata)
  3. Penyu lekang kempii (Lepidochelys kempi)
  4. Penyu lekang (Lepidochelys olivachea)
  5. Penyu belimbing (Dermochelys coriacea)
  6. Penyu pipih (Natator depressus)
  7. Penyu tempayan (Caretta caretta)

Nah kali ini, Meriza Akbar yang merupakan salah satu blogger akan berbagi postingan mengenai pelepasan tukik (anak penyu) sisik dan tukik belimbing yang dilakukan dalam rangka Hari Bumi Sedunia pada 22 April 2015 lalu. Penasaran bagaimana serunya pelepasan tukik di pantai Babah Dua, Lhoknga, Aceh Besar ?

Baca Selengkapnya

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY