Harimau Sumatera, Jangan Sampai Punah!

526
Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae), yang di habitat alaminya di Pulau Sumatera jumlahnya saat ini kurang dari 400 individu. (WWF)

Acehraya.co.id – Jika ditanya tentang harimau, kita pasti teringat pada kucing besar yang sosoknya kharismatik dan kuat. Sebagai predator puncak, keberadaan harimau mengindikasikan ekosistem hutan yang sehat dan ketersediaan sumber air yang cukup bagi seluruh makhluk hidup di kawasan tersebut.

Indonesia pernah memiliki tiga jenis harimau; Harimau Bali, Harimau Jawa, dan Harimau Sumatera. Sayangnya, Harimau Bali dan Harimau Jawa telah dinyatakan punah pada 1960-an akibat aktivitas perburuan dan penganiayaan terhadap satwa ini yang sudah kerap terjadi di zaman kolonial. Kini hanya tersisa Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae), yang di habitat alaminya di Pulau Sumatera jumlahnya saat ini kurang dari 400 individu.

Karena itulah, perasaan senang menyeruak tatkala tim peneliti harimau WWF-Indonesia di Rimbang Baling, Riau, melihat gambar Harimau Sumatera tertangkap kamera jebak (camera trap). “Pola belang unik yang dimiliki oleh masing-masing individu harimau berfungsi layaknya sidik jari. Pola tersebut membantu kami memperkirakan jumlah populasi dan mengamati tingkah laku harimau yang tertangkap kamera pengawas,” jelas Sunarto, Species Specialist WWF-Indonesia. [Natalia T. Agnika dan Ciptanti Putri]

Baca Selengkapnya

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY