FKIP Sejarah Hadirkan Sejarawan dari Undip Di Kuliah Umum

437

Acehraya.co.id – Prorgam Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Syiah Kuala melakukan kuliah umum untuk mengawali semester ganjil 2015/2016 dengan tema Pendekatan Sosiologi dalam Pendidikan Sejarah di Auditorium Baru Lantai 3 FKIP Unsyiah pada Jumat, 2 Oktober 2015.

Pemateri pada kuliah umum ini adalah Yety Rochwulaninggsih Ketua Prodi S2 Magister Pendidikan Sejarah Fakultas Imu Budaya (FIB) Universitas Diponegoro Semarang. Dia mengatakan sejarah tidak dapat dipisahkan dari sosial.

Kkarena sejarah tidak terjadi dalam ruang hampa tetapi selalu keterkaitan dengan kehidupan manusia dan pendekatan sosiologi sangat cocok dalam penelitian sejarah” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Prodi Pendidikan Sejarah Mawardi, dalam sambutannya mengatakan kuliah umum merupakan kegiatan rutinitas setiap tahun, hal ini penting karena mahasiswa akan bertambah wawasan langsung dari para pakar.

“Dengan adanya kuliah umum ini diharapkan ada warna baru dalam sejarah, khusunya dalam penelitian yang nantinya bisa menggunakan pendekatan sosiologi,” katanya.

Mahasiswa Sejarah Gebrina Rizki yang sekaligus sebagai Ketua Himpunan Mahasiswa Sejarah (HIMAS) seminar tersebut merupakan motivasi dan ladang kreativitas bagi mahasiswa.

“Kuliah umum kali ini sangat memotivasi karena dihadirkan pemateri Magister, dan juga tema yang diangkat sangat menarik, peran dalam keseharian kita tidak terlepas dengan Ilmu sosiologi yang nantinya memberikan ladang Kreativitas untuk lebih dalam dalam menguasai ilmu sejarah”, ungkapnya saat diwawancarai.

Kegiatan yang berlangsung sejak 09.00 sampai 11.30 WIB ini berakhir dengan tanya jawab dari mahasiswa dan penyerahan cendramata pihak Prodi kepada pemateri. [Fahzi]

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY