Berapa Lama Kafein Bertahan dalam Tubuh?

435
Ilustrasi kopi

Acehraya.co.id – Kafein merupakan pembangkit energi yang kita konsumsi setiap hari, entah itu dalam bentuk minuman kopi, cokelat, teh, soda, atau pun minuman energi.

Kafein akan diserap masuk ke darah dan jaringan dalam waktu 45 menit setelah dikonsumsi. Tetapi, butuh waktu lebih lama dari itu untuk dipecah tubuh dan dikeluarkan dari sistem tubuh.

Hampir separuh dari waktu kafein, atau waktu yang diperlukan untuk mengeluarkan satu setengah kafein yang ada dalam tubuh adalah sekitar 4 jam.  Tetapi, bukan berarti seluruh kafein akan menghilang setelah 8 jam, malah butuh waktu sekitar 12 jam untuk benar-benar menghilangkan kafein yang kita minum saat pagi.

Menurut James Lane, peneliti dari Duke University School of Medicine, kafein akan bertahan 3 jam lebih pendek pada orang yang merokok. Sebaliknya, wanita yang mengonsumsi pil KB justru kafein akan bertahan 4 jam lebih lama dibandingkan pada wanita yang tidak mengonsumsi pil KB.

“Kehamilan juga bisa memperpanjang masa bertahan kafein sampai 10 jam lebih lama, terutama di akhir masa kehamilan,” kata Lane.

Karena diperlukan waktu sampai 12 jam untuk membersihkan kafein dari tubuh, maka efek kafein bisanya baru memudar saat akan tidur. Akibatnya esok hari seseorang kembali ingin mengonsumsi kafein.

Perasaan bingung, sakit kepala, atau agak lemas saat bangun tidur menurut Lane merupakan gejala dari efek “nagih” kafein yang dikonsumsi kemarin. “Gejala tersebut bisa diatasi saat mereka minum secangkir kopi setelah bangun tidur,” katanya. [kompas]

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY