Ini 10 Merek Termahal di Dunia

423
Ilustrasi brand termahal didunia (google.com)

Acehraya.co.id – Merek atau brand memang bukan sekadar logo, nama produk, atau nama perusahaan. Merek juga merupakan nilai lengkap atas produk dan perusahaan. Tak ayal, brand yang mampu membetot perhatian konsumen memiliki nilai nan fantastis.

Hasil pemeringkatan terbaru Interbrand menyebutkan bahwa Apple masih menjadi merek termahal nomor wahid di dunia dengan nilai mencapai 170,3 miliar dollar AS,  tumbuh 43 persen dari tahun 2014. Hanya, pertumbuhan nilai merek Apple ini kalah dengan Facebook. Media sosial besutan Mark Zuckerberg tersebut berhasil mengerek nilainya hingga 54 persen menjadi 22 miliar dollar AS pada tahun ini.

Popularitas dan nilai brand Apple itu mengungguli mesin pencarian Google, yang memiliki nilai 120,3 miliar dollar AS. Adapun Coca-Cola yang bisnisnya terancam oleh pola hidup sehat nyatanya masih cukup kuat di tingkat global, bahkan mengalahkan Microsoft yang hanya bernilai 67,7 miliar dollar AS.

“Dalam dunia yang terfragmentasi seperti saat ini, bisnis dan merek harus terus bergerak cepat,” kata Jez Frampton, CEO Interbrand, seperti dikutip The Telegraph, Senin (5/10/2015).

Dari 100 merek terkenal merek dunia versi Interbrand, ada beberapa pendatang baru. Salah satunya adalah Lego. Merek mainan balok plastik bongkar pasang berwarna-warna ini ada di peringkat ke-82 dari 100 merek paling bernilai di dunia dengan nilai 5,36 miliar dollar AS. Dari perhitungan Interbrand, total nilai 100 merek terkenal mencapai 1,7 triliun dollar AS, naik 7 persen dari tahun lalu.

Sayang, dari 100 merek ternama dunia itu, belum ada satu pun merek perusahaan asal Indonesia yang masuk daftar. Namun, berdasarkan pemeringkatan Millward Brown, yang dipublikasikan pada Agustus 2015 lalu, Bank Central Asia (BCA) didaulat menjadibrand bernilai paling tinggi di Indonesia, yakni 9,9 miliar dollar AS. “Keberhasilan BCA dalam meraih penghargaan ini merupakan hasil dari kerja keras dan komitmen keluarga besar BCA,” tutur Suwignyo Budiman, Direktur BCA. (Baca: Ini 20 Merek Termahal di Indonesia)

Sebagai informasi, ajang penghargaan Millward Brown ini baru kali pertama digelar di Indonesia. Millward Brown mengumpulkan 50 perusahaan Indonesia terbaik, mengombinasikan data yang mereka miliki dengan hasil survei konsumen. (Christine Novita Nababan)

Berikut daftar 10 merek termahal dunia (miliar dollar AS)

Nama Nilai Bidang
Apple 170,3 elektronik dan komputer
Google 120,3 jasa dan produk internet
Coca-Cola 78,4 minuman
Microsoft 67,7 perangkat lunak komputer
IBM 65,1 komputer dan teknologi informasi
Toyota 49,0 otomotif
Samsung 45,3 elektronik
GE 42,3 multijasa dan teknologi
McDonald 39,8 makanan dan minuman
Amazon 37,9 e-commerce

Sumber: Interbrand

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY