Mungkinkah Pembangkit Listrik Geothermal Ada Di Aceh ?

531

Acehraya.co.id – Kawasan Gunung Seulawah di Aceh Besar, diketahui memiliki potensi energi panas bumi untuk listrik yang cukup besar. Menurut data yang ada listrik yang dapat dihasilkan dari pembangkit listrik tenaga panas bumi Seulawah sekitar 90 MW atau bisa mengaliri kebutuhan listrik pada 96.231 rumah tangga dengan daya 1.300 watt. Adanya cadangan listrik ini tentu dapat merangsang para pelaku usaha lokal untuk tumbuh dan berkembang, serta dapat memutarkan roda perekonomian di Provinsi Aceh pada umumnya.

Pentingnya penyediaan cadangan listrik di Aceh pada saat ini sudah menjadi sangat krusial dimana disebagian daerah seperti Kabupaten Bireuen, Kota Banda Aceh, Bener Meriah pemadaman listrik merupakan hal yang bisa dirasakan setiap saat oleh masyarakat, terutama pada saat beban puncak.

Kebutuhan akan energi listrik akan semakin bertambah seiring dengan pertambahan penduduk dan peningkatan kualitas kehidupan. Hal ini, tentunya, merupakan tantangan tersendiri bagi kita untuk dapat menyediakan listrik dengan cara yang lebih ramah lingkungan. Kita tahu penyediaan listrik dengan cara konvensional; Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (Pltd) dan Pembangkit Listrik Tenaga Air (Plta), kurang begitu ramah secara lingkungan.

PLDT dengan jumlah yang besar secara lingkungan bisa meningkatkan emisi karbon di udara. Di samping itu kerugian Negara pun semakin hari akan semakin besar karena banyak uang Negara yang dipergunakan untuk subsidi pembelian bahan bakar untuk keperluan Pltd ini, sedangkan Plta dalam luasan yang besar bisa menghapuskan potensi sumber daya alam yang lain karena dengan pembangunan bendungan untuk Plta ini tidak sedikit lahan yang terendam oleh air.

Kejadian ini sudah jelas menghilangkan potensi dan mata pencarian masyarakat, seperti yang terjadi di Aceh Tengah yang sekarang ini sedang melakukan pembangunan konstruksi Plta Peusangan yang direncanakan akan menghasilkan 86 MW dari dua buah turbin yang akan diinstalasikan. Hal ini, tentu saja, bendungan yang akan dibuat akan merendam tidak sedikit lahan. [cb]

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY