Soal Dana Desa Ditambah Rp. 40,8 Trilyun, Ini Kata Tjahjo Kumolo Saat Di Banda Aceh

523
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo (tengah) didampingi Walikota Banda Aceh Illiza Sa'aduddin Djamal (kiri) melihat hasil produk dan hasil alam yang dipamerkan pada Pekan Inovasi Perkembangan (PIN) Desa/Kelurahan dan Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) Nasional XVII Tahun 2015 di Banda Aceh, Aceh, Rabu (7/10). (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra)

Acehraya.co.id – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo resmi membuka pergelaran Pekan Inovasi Perkembangan (PIN) Desa/Kelurahan Nasional dan Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) Nasional XVII Tahun 2015 pada, Kamis (8/10/2015) di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh.

Tjahjo Kumolo secara simbolis menabuh rapai tanda dimulainya even PIN dan TTG yang didampingi Gubernur Aceh Zaini Abdullah, Sekda Aceh Darmawan dan sejumlah pejabat terkait. Event nasional ini akan berlangsung pada 7-12 Oktober 2015.

Ratusan undangan dari seluruh provinsi di Indonesia tampak hadir memadati area stadion terbesar di Aceh ini. Dalam acara tersebut, para peserta memamerkan potensi desa dan teknologi tepat guna unggulan pada stan setiap daerah yang telah disediakan panitia.

Dalam sambutannya, Tjahjo Kumolo menyampaikan dalam program nawacita yang digagas setahun yang lalu yaitu program dana untuk pembangunan desa di seluruh Indonesia.

“Pemerintahan Presiden Jokowi dengan nawacitanya hampir memasuki satu tahun, pada tanggal 20 Oktober nanti. Harus diingat, kepada seluruh Gubernur yang mewakili, salurkan (dana desa) segera ke semua perangkat desa agar cepat direncanakan pembangunannya,” kata Mendagri.

Tidak hanya itu, tahun depan pemerintah Indonesia merencanakan penambahan dana untuk desa menjadi Rp. 40,8 triliun.

“Penguatan rupiah semakin kuat, tahun ini bantuan desa sebesar 20,7 triliun untuk seluruh desa sudah dikirim pada kas kabupaten/kota. Direncanakan tahun depan dana desa akan ditingkatkan menjadi 40,8 triliun,” tutur politisi partai PDIP ini yang disambut tepuk tangan para undangan.

Usai pembukaan, Mendagri didampingi Gubernur Zaini Abdullah, Sekda Aceh Darmawan, Walikota Banda Aceh Illiza Sa’aduddin Djamal dan perwakilan Gubernur dan Walikota se-Indonesia mengunjungi stan-stan yang ada diluar stadion sebelum meninggalkan arena pekan Inovasi Perkembangan (PIN) Desa/Kelurahan Nasional dan Teknologi Tepat Guna (TTG). [theglobejournal]

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY