Jangan Unggah Gambar Boarding Pass ke Media Sosial

2199
Ilustrasi Boarding pass pesawat

Acehraya.co.id – Mengunggah gambar dari boarding pass pesawat ke media sosial ternyata dapat membahayakan diri Anda. Brian Krebs, seorang ahli keamanan siber menuliskan dalam blog-nya bahwa dari sebuah foto boarding pass, ada banyak hal yang dapat diketahui tentang diri Anda. Hal ini dapat diketahui melalui barcode yang ada pada boarding pass.

Beberapa data yang bisa didapatkan dari barcode boarding pass, seperti yang dilaporkan oleh Huffington Post, adalah nama depan dan nama belakang Anda. Selain itu, dari barcode yang tertera di boarding pass, seseorang dapat mengetahui bandar udara asal dan bandar udara tujuan Anda. Selain itu, sang pencuri data juga dapat tahu tentang nomor Frequent Flyer Program (FFP) Anda. Untuk mendapatkan semua data ini, seorang pencuri data hanya perlu memiliki pembaca barcode.

FFP adalah program yang diberikan oleh maskapai penerbangan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan dengan memberikan poin setiap kali seseorang menggunakan pesawat maskapai tersebut. Poin tersebut dapat ditukar dengan berbagai hadiah.

Nomor dari FFP dapat digunakan untuk mengakses akun Anda. Seperti yang disebutkan oleh Tim Stenovec dari Tech Insider, dapat digunakan untuk mengubah rencana perjalanan Anda. TIME menyarankan, jika Anda ingin tetap pamer sedang berpergian ke suatu tempat dengan mengunggah foto boarding pass ke media sosial, setidaknya, pastikan bagian barcode dari boarding pass tidak terlihat. [metrotvnews]

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY