Ini Smartphone Canggih Yang Bisa Rekam Video 4K ala Film Bioskop

591

Acehraya.co.id – Video 4K adalah video yang menampilkan resolusi layar horizontal hingga 4000 piksel. Gambar yang dihasilkan video 4K ini lebih halus dan lebih jernih dibandingkan video 2K biasa.

Tuntutan teknologi yang semakin besar ini, membuat banyak produsen smartphone ramai-ramai menggunakan fitur video 4K. Memang video 4K dari smartphone tidak persis 4000 piksel, karena resolusi standar smartphone 16:9 bukan 16:10. Sehingga, resolusinya 3840 x 2160 piksel.

Berikut 5 smartphone canggih yang bisa merekam video 4K, seperti dilansir dari Phone Arena.

  1. Seri Xperia Z5

Keluarga baru Sony Xperia Z5, terdiri dari Xperia Z5, Z5 Compact, dan Z5 Premium. 3 Smartphone terbaru ini masing-masing mempunyai kemampuan untuk merekam video 4K. Tidak hanya Xperia Z5, smartphone pendahulunya, Xperia Z3 pun sudah memiliki fitur canggih ini.

Beberapa laporan juga mengatakan bahwa smartphone Xperia Z5 ini juga memecahkan masalah overheat yang terjadi pada Xperia Z4 saat merekam video 4K. Sony sendiri juga mmembuat video yang menunjukkan perbedaan antara Xperia Z3 dan Xperia Z5.

Berbeda dengan smartphone lainnya ataupun saudara-saudaranya, Xperia Z5 Premium dinobatkan sebagai smartphone Android pertama yang menggunakan layar beresolusi 4K alias ultra HD. Seri Xperia Z5 juga dinobatkan oleh DxOMark sebagai smartphone dengan kamera paling bagus saat ini.

2. Iphone 6s

Apple memberikan peningkatan spesifikasi yang luar biasa dalam hal kamera. Resolusi 8 MP yang diusung mulai iPhone 4 sampai iPhone 6, sekarang ditingkatkan menjadi 12 MP. Kamera depan juga bertambah menjadi 5 MP dengan fitur autofocus.

Dalam hal video, seri iPhone 6s bisa merekam 30 frame per detik pada resolusi video 4K. Jika pengguna tidak ingin resolusi yang terlalu besar, Apple juga menyediakan pilihan untuk video 1080 piksel pada 120 frame per detik atau 720 piksel 240 frame per detik. Frame pada video ini berfungsi untuk efek slow motion yang semakin baik.

Sayangnya, jika hanya iPhone 6s Plus saja yang mempunyai fitur optical image stabilization (OIS). Dengan fitur ini, perekaman video 4K bisa lebih bagus walaupun dalam keadaan banyak getaran.

3. Samsung Galaxy S6 dan Galaxy Note 5

Samsung merupakan salah satu produsen smartphone pertama yang membuat gebrakan fitur 4K. Hal ini juga membuat banyak produsen lain datang dengan kemampuan untuk menembak video dengan resolusi tinggi ini di tahun 2015.

Galaxy S6, S6 Edge, S6 Edge+, dan Galaxy Note 5 mempunyai resolusi kamera utama yang sama, yaitu 16 MP. Dilengkapi dengan sensor autofocus dan OIS, video 4K yang direkam menggunakan smartphone seri Galaxy S6 ini merekam audio yang jernih, autofocus terus menerus, dan produksi warna yang bagus. Semuanya rincian tersebut terbalut rapi di dalam resolusi 3840 x 2160 piksel.

4. LG G4

LG G4 memiliki kamera 16 MP 1/2.6 inci dengan laser autofocus dan OIS. Menurut review yang dilakukan oleh Phone Arena, LG G4 merekam video 4K dengan hasil yang baik secara keseluruhan. Gambar yang dihasilkan pada video tersebut detail, meminimalisir getaran dan gangguan digital dalam kondisi cahaya rendah.

Sayangnya, kontrol kamera manual LG G4 yang membuatnya sangat populer di kalangan penggemar fotografis smartphone, tidak tersedia untuk rekaman video. Namun, layar pada LG G4 ini menggunakan teknologi baru IPS Quantum Display dengan kotras yang tinggi dan gambar yang lebih hidup.

5. Nexus 5X dan Nexus 6P

Nexus 5X buatan LG dan Nexus 6P buatan Huawei sama-sama memiliki sensor Sony 12,3 MP. Sensor ini mampu membuat video 4K dengan 60 frame per detik. Google mengklaim bahwa smartphone Nexus ini akan lebih baik dari smartphone Apple terbaru untuk menangkap detail dalam keadaan cahaya rendah.

Namun sayangnya, belum ada media yang mencoba video 4K dari smartphone Google ini. Ya, tentu saja, karena Nexus ini belum diluncurkan di berbagai negara. Minggu kedua bulan Oktober ini, masih negara India yang dijadwalkan.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY