Mau Belajar Drone? Gabung Komunitas Ini

1383

Acehraya.co.id – Kehadiran pesawat tanpa awak atau lebih dikenal dengan sebutan drone saat ini semakin populer di masyarakat. Meski awalnya drone dikembangkan untuk keperluan militer, namun kini kehadirannya mulai berkembang ke dunia aerial photography atau fotografi udara.

Kepopulerannya ditandai dengan kehadiran beragam komunitas pecinta drone terutama di kota kota besar seperti Bandung, Jakarta dan Bali. Adalah komunitas Kutilang Dara, salah satu komunitas pecinta drone yang lahir di Bandung.

Komunitas Kutilang Dara sendiri mulai berdiri sekitar 2013. Komunitas ini berawal dari kesamaan hobi dari para pecinta drone, mulai dari hanya sekadar menerbangkan drone, ataupun yang memiliki hobi mengabadikan video atau foto udara untuk berbagai keperluan.

“Awal mula berdiri dua tahun yang lalu, kita sering ngumpul dan sharing di situ. Jadi ada yang hobi nerbangin, ada yang hobi ngoprek, ada yang hobi video. Basicnya pake drone,” ujar Penggagas Komunitas Kutilang Dara Adhi Rachdian.

ingin-belajar-drone-gabung-saja-di-komunitas-kutilang-dara

Nama kutilang dara sendiri merupakan singkatan dari ‘ kamera untuk imajinasi langsung melalui udara’. Nama ini terinspirasi dari burung kutilang dan burung dara yang merupakan burung piaraan yang bisa jinak dan banyak ditemui di Indonesia.

Ada beragam kegiatan dilakukan komunitas ini. Untuk kegiatan rutin biasanya dilakukan setiap akhir pekan, yakni berkumpul sesama anggota. Kegiatan ini dilakukan di Bukit Dago Pakar.

Tak hanya itu, untuk kegiatan skala besarnya komunitas ini juga kerap menggelar event tahunan. Seperti saat Oktober 2014 lalu menyelenggarakan acara Bandung Aerial Show. Kegiatan ini tak hanya diikuti oleh komunitas pecinta drone dari Bandung saja, tetapi juga dari kota kita lain seperti Jakarta hingga Bali.

Saat ini ada Komunitas Kutilang Dara memiliki puluhan anggota. Mereka datang dari berbagai latar belakang profesi mulai dari pekerja swasta, mahasiswa bahkan pelajar sekolah juga ada yang menjadi anggota di komunitas ini.

Jika Anda masih penasaran dengan komunitas ini, pantau saja kegiatan mereka di media sosial. Untuk akun Facebook, KutilangDara.com dan akun Twitter @kutilangdaracom. Selain itu juga dapat mengunjungi website kutilangdara.com.

Selain untuk memposting kegiatan di media sosial, mereka juga memposting hasil karya-karya dari jepretan kamera drone.

Kalau Anda tidak memiliki drone? Jangan khawatir, di komunitas ini nantinya akan sama-sama diajarkan untuk bermain drone.

“Kalau enggak punya juga ga apa apa. Karena ada beberapa teman yang sebetulnya enggak punya. Nanti bisa belajar jadi co pilotnya dulu, atau bagian ngoprek-ngoprek atau bisa juga bagian di editingnya,” ucap Adhi. [merdeka]

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY