1000 Personil TNI Siap Turun Untuk Padamkan Hutan Dan Lahan di Riau

295

Acehraya.co.id – Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo merotasi 1.000 personel TNI untuk melaksanakan tugas pemadaman kebakaran hutan di Wilayah Riau. Asisten Operasi Panglima TNI, Mayjen Fransen G Siahaan mengatakan, saat ini kebakaran hutan semakin meluas dan banyak dampak yang ditimbulkan.

“Kalian ini dirotasi Satgas pemadaman kebakaran hutan dan lahan. Kalian mungkin telah mendengar informasi tentang kejadian yang menimpa pada salah satu anggota satgas yang sebelumnya mengalami kecelakaan yang mengakibatkan yang bersangkutan meninggal dunia,” kata Mayjen Fransen dalam sambutannya, di Lanud Halim, Jakarta, Selasa (27/10).

“Saya minta kalian jangan terpengaruh dengan informasi yang tidak jelas dan bersifat provokasi,” imbuh dia.

Dia mengharapkan prajurit TNI untuk fokus kebakaran hutan dan lahan guna membantu masyarakat yang terkena dampak asap.

“Berikan kesan kehadiran kalian harus dapat memberikan solusi, bukan sebaliknya justru menambah beban permasalahan yang baru,” kata dia.

Lanjut dia, personel yang diberangkatkan berjumlah 1.000 pasukan TNI yang terdiri 2 SSY Kostrad 600 personel, 1 SSY Marinir 330 personel dan 10 personel dari komando Kostrad. Mereka akan bekerja selama 1,5 bulan dengan disesuaikan perkembangan situasi di lapangan. Dia juga mengimbau personel TNI untuk menghindari risiko di lapangan saat memadamkan hutan dan lahan.

“Kepada Polisi Militer saya perintahkan melakukan tindakan polisinioner, apabila ada oknum pelaku pembakaran hutan,” tukas dia. [merdeka]

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY