Ocean Diving Club Peringati Reef Check Day di Aceh Besar

457
Ocean Diving Club (ODC) saat memperingati Reef Check Day di Aceh Besar (Dok. ODC)

Acehraya.co.id – Reef Check Day merupakan hari pengecekan terumbu karang di dunia dan di lakukan serentak oleh perorangan maupun lembaga terkait yang fokus pada monitoring terumbu karang dengan metode “Reef Check”. Pengambilan data ini didesain sebagai metode pemantauan cukup sederhana sehingga bisa dilakukan oleh masyarakat penyelam awam dengan cakupan daerah yang luas. Pengambilan dan pengolahan data dilakukan dibawah koordinasi seorang saintis untuk menjaga standarisasi mutu sehingga mampu memberikan gambaran umum mengenai kondisi terumbu karang di dalam suatu kawasan. Metode ini telah digunakan banyak negara, sehingga memungkinkan untuk dibandingkan dengan banyak tempat di dunia.

Jaringan Kerja Reefcheck Indonesia (JKRI) tersebar di seluruh kawasan perairan pesisir Indonesia, salah satunya berada di daerah Aceh, tepatnya di Kabupaten Aceh Besar.

Tepat pada puncak peringatan Reef Check Day pada tahun ini, ODC sebagai JKRI akan melakukan pengambilan data Ekosistem terumbu karang pada tanggal 21-22 Oktober 2015. Lokasi pengambilan data pada tahun ini merupakan Lokasi tahunan ODC melakukan monitoring terumbu karang di perairan Aceh Besar yaitu Perairan Krueng Raya dan Ujong pancu. Hal ini dilakukan mengingat perlunya data yang berkesinambungan untuk mampu menggambarkan perubahan kondisi terumbu karang sebagai bahan pertimbangan untuk pengelolaannya.

Selain melakukan monitoring terumbu karang ODC sebagai jaringan kerja reefcheck Indonesia juga melakukan beberapa kegiatan lingkungan di antaranya, Training of Trainers Reef Check, Workshop dan peningkatan kapasitas anggotanya dalam pengambilan data. Dengan beberapa agenda seperti di atas diharapkan seluruh rangkaian kegiatan Reef Check day ini dapat bermanfaat bagi Anggota ODC serta lingkungan dan masyarakat pesisir. [rilis]

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY