Awas! Google Pantau Pencarian Sensitif Anda

407

Acehraya.co.id – Selama ini, Anda pasti biasa mencari segala sesuatu di Google, mulai dari informasi umum hingga informasi sensitif. Ya, Google masih menjadi mesin pencarian internet paling populer di dunia ini.

Namun, menurut Jeremy Rubin, Anda sebaiknya lebih hati-hati untuk mengetikkan berbagai pencarian di Google. Jika Anda mencari informasi sensitif, akan sangat mudah untuk terungkap. Hal ini bisa memalukan Anda juga, jika informasi mengenai Anda tidak ingin dibagikan ke orang lain. Ingin mencobanya sendiri?

Anda bisa memakai browser Chrome atau Firefox. Ketik ke kotak pencarian Google tentang apapun. Kemudian, Anda ketik lagi pencarian yang berbeda di tempat yang sama. Anda bisa cek URL hasil pencarian Anda itu.

URL pada pencarian kedua tersebut akan menunjukkan apa yang Anda cari sebelumnya. Misalnya, Anda mencari kata ‘Indonesia’, setelah muncul hasilnya, Anda cari kata ‘Merdeka’. Maka, kata ‘Indonesia’ tadi akan menempel pada URL saat Anda mencari kata Merdeka tersebut.

Nah, hasil tersebut membuka potensi serangan phishing. Informasi pribadi yang mungkin Anda ketikkan di Google, akan menunjukkan diri kita. Jeremy Rubin mengklaim telah diberitahu Google tentang hal ini, tetapi sampai saat ini masih belum bisa melakukan apa-apa.

Jadi, Anda mulai sekarang harus lebih berhati-hati jika mencari segala sesuatu di Google, apa lagi terkait informasi pribadi yang sangat sensitif. [merdeka]

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY