Mahasiswa Sejarah Unsyiah Akan Gelar History Expo 2015

456
Flyer History Expo

Acehraya.co.id – Himpunan Mahasiswa Sejarah (HIMAS) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Syiah Kuala akan menggelar History Expo 2015 di gedung FKIP Unsyiah pada Senin, 09 November-Sabtu, 14 November 2015.

Acara bertemakan “Krue Semangat, Melalui Expo Aneuk Seujarah Jak Tapeubedoh Budaya Aceh” merupakan kegiatan yang menitik beratkan pada pengenalan sejarah dan bagaimana cara menghargai sejarah, sebagai sarana meningkatkan budaya Aceh dikalangan siswa, mahasiswa dan masyarakat.

Ketua panitia, Syahrul Indra mengatakan tujuan acara ini untuk pengembangan bakat, kemampuan dan memotivasi mahasiswa yang kreatif dan inovatif dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015, serta memperkenalkan kreatifitas mahasiswa sejarah FKIP Unsyiah.

“Mewujudkan dan mencetak mahasiwa yang siap terjun dalam masyarakat dan mengangkat budaya Aceh sebagai bentuk cinta terhadap bangsa dan negara,” katanya dalam rilis yang diterima acehraya.co.id.

Lanjutnya, Indara berharap dari penyelenggaraan acara ini semoga kedepan rasa mencintai sejarah semakin tinggi dikalangan masyarakat dan kalangan muda-mudi Aceh baik itu siswa maupun mahasiswa.

Indra juga mengungkapkan acara ini terbuka untuk umum bagi yang ingin berpartisipasi. “Kami mengundang semua masyarakat pemerhati sejarah, alumni dan mahasiswa-mahasiswa untuk ikut berpartisipasi dalam acara ini,” ungkapnya.

Rangkaian acara pada History Expo 2015 sebagai berikut:

  1. Seminar Nasional dengan tema “Dengan Semangat Kepahlawanan Kita Mampu Membangun Negeri” pada Senin, 09 November 2015. Pemateri pada kegiatan ini adalah Prof. DR. Susanto Zuhdi, M. Hum (Guru Besar Universitas Indonesia) dan Kol. Caj. Drs. Ahmad Husain, MA (Kodam Iskandar Muda).
  2. Seminar Lokal “Mewujudkan Kerajaan Lamuri Sebagai Situs Cagar Budaya” pada Kamis, 12 November 2015. Pemateri pada kegiatan ini adalah Prof. Dato’ DR. Mokhtar Saidin (Arkeolog Universiti Malaysia) dan DR. Husaini Ibrahim, MA (Arkeolog Aceh, Universitas Syiah Kuala).
  3. Pameran benda-benda bersejarah dan kerajinan tangan khas Aceh di Lobi FKIP Unsyiah mulai Senin, 09-13 November 2015.
  4. Perlombaan-perlombaan kesejarahan yang melibatkan siswa-siswi SD, SMP, SMA se kawasan Banda Aceh. [rilis]

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY