Pembaruan Firefox Terbaru, Secara Otomatis Memblokir Iklan Dalam Mode Private

356
firefox-42.0

Acehraya.co.id – Sebagian besar situs yang ada di internet memang dapat Anda baca dengan gratis. Sebagai gantinya, Anda harus bersedia untuk melihat iklan yang tampil pada halaman situs tersebut, iklan yang sering membuat orang terganggu. Lalu muncullah pengaya peramban Web pemblokir iklan semacam AdBlock, yang penggunanya terus meningkat.

Melihat tren ini, pada pembaruan Firefox versi 42 yang baru saja Mozilla luncurkan, mereka membuat mode Private Browsing pada Firefox secara otomatis memblokir iklan yang ada di situs yang Anda kunjungi. Kami sudah mencoba versi terbaru dari browser buatan Mozilla ini.

Hasilnya, sebagian besar dari iklan yang biasa tampil pada situs-situs tertentu memang secara otomatis terblokir. Meskipun begitu, ada beberapa iklan yang tetap muncul.

Satu hal lain yang berbeda dari sistem pemblokiran yang digunakan Firefox Private Browsing dan pemblokir iklan lain adalah mengenai pemblokiran iklan di YouTube. Dengan pemblokir iklan, Anda tak akan lagi melihat iklan saat hendak menonton video di YouTube. Tetapi, dengan mode Private Browsing di Firefox, Anda akan tetap melihat iklan.

Kepada Sydney Morning Herald, Nick Nguyen, Vice President of Product, Mozilla berkata, “Tujuan kami bukanlah untuk memblokir semua iklan, tetapi untuk memblokir aktivitas pelacakan kegiatan pengguna.”

Tentu saja, pelacakan di sini erat kaitannya dengan privasi. Sudah awam diketahui, situs tertentu, bahkan Google mempelajari aktivitas Anda di internet agar mereka dapat menawarkan iklan yang paling relevan.

Saat ini, masalah pemblokiran iklan di situs atau video merupakan sebuah topik yang sering diperdebatkan. terutama sejak Apple membolehkan pengembang pihak ketiga untuk membuat aplikasi pemblokir iklan sejak peluncuran iOS 9. Tidak lama setelah Apple membuat keputusan ini, banyak aplikasi pemblokir iklan yang muncul di App Store.

Di satu sisi, iklan adalah sumber penghasilan dari situs. Iklan memungkinkan Anda untuk membaca konten yang ada dengan gratis. Di sisi lain, pihak ketiga biasanya tak hanya menampilkan iklan, tetapi juga melacak kegiatan yang dilakukan pengguna atau bahkan mengumpulkan data. Data yang dikumpulkan lalu dijual. Masalah privasi inilah yang membuat masyarakat khawatir.

Selain pengaya pemblokir iklan, terdapat sebuah peramban yang memang sengaja dibuat agar tak ada iklan yang tampil di dalamnya yaitu Adblock Browser. Karena maraknya pemblokiran inilah, maka situs saat ini mulai menggunakan Native Advertising.

Berbeda dengan iklan biasa, Native Advertising tidak terlihat seperti iklan. Ia terlihat layaknya konten lainnya. Biasanya, ia juga tidak sekdar membanggakan sebuah produk yang diiklankan, tetapi juga memuat konten berisi pengetahuan.

Jika Anda tertarik untuk mencoba mode Private Browsing dari Mozilla, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan browser Firefox yang Anda gunakan merupakan versi yang terbaru, yaitu versi 42.

Setelah itu, tekan simbol tiga garis yang ada pada bagian atas dan klik “Private Browsing”. Maka akan terbuka sebuah jendela baru yang merupakan Private Browsing. Inilah perbandingan antara penggunaan Firefox biasa (kiri) dengan Firefox mode Private Browsing (kanan) [metrotvnews]

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY