Gilang Dirga Kampanye Pencegahan Thalassemia

489
Penampilan Gilang Dirga saat konser amal untuk Thalasemia di Gedung AAC Dayan Dawood Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh, Sabtu (7/11/2015). (Fakhrizan /ADV)

Acehraya.co.id – Presenter serbabisa, Gilang Dirga akan mengisi konser amal thalassemia di Aceh. Selain menghibur anak-anak penyandang thalassemia, Gilang juga akan berkampanye pencegahan penyakit keturunan tersebut.

Konser berlangsung di Gedung AAC Dayan Dawood Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh, Sabtu (7/11/2015) malam ini.

Bertajuk “we care, we inform and we spread love” konser ini bertujuan untuk menyosialisasikan thalassemia.

Gilang yang terkenal dengan aksi kocak dan kemampuannya meniru perilaku serta suara beberapa penyanyi, diharapkan bisa menyampaikan pesan-pesan seputar thalassemia kepada publik lewat hiburan.

Selain menghadirkan Gilang Dirga, konser amal ini juga akan dimeriahkan dengan aneka kreasi seni dari anak-anak penderita thalassemia.

Manager Diva Enterprise, Vira, mengatakan, sebelum mengisi konser, Gilang Dirgahari akan berkunjungan ke Ruang Sentra Thalassemia di RSU Zainoel Abidin (RSUZA) Banda Aceh, untuk menyambangi para pasien thalassemia.

Pengurus Harian Perhimpunan Orangtua Penderita Thalassemia (POPTI) Aceh, Niswar mengatakan jumlah penderita thalassemia cenderung meningkat. Ini setidaknya terlihat dari data pasien yang melakukan pengobatan di RSUZA.

“Untuk itu sangat perlu sosialisasi kepada masyarakat agar bisa meminimalisir jumlah penderita,” katanya.

Ketua Komunitas pendamping penderita Thalassemia, Darah Untuk Aceh (DUA), Auliya Rohendall, mengatakan pihaknya juga terus membantu melakukan sosialisasi pengenalan penyakit thalassemia yang menyasar kelompok muda, agar mereka bisa memeriksakan dirinya sebelum menikah.

“Inikan penyakit keturunan, jadi untuk meminimalisir penderita maka calon ayah dan ibu harus memeriksakan diri mereka sebelum menikah sehingga si pembawa sifat penyakit tidak bertemu dengan sesama pembawa sifat,” ujarnya.

Konser amal ini juga diisi dengan kegiatan donor darah kerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Banda Aceh. [okezone]

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY