Sulawesi Utara Jadi Tuan Rumah Festival Qasidah Nasional 2015

727

Acehraya.co.id – Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), dipercaya oleh Dewan Pimpinan Pusat Lembaga Seni Qasidah Indonesia (Lasqi) menjadi tuan rumah penyelenggara Festival Qasidah Nasional XX/2015.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Sultra, Mohammad Ali Irfan, di Kendari, Sabtu, mengaku bersyukur karena Pengurus DPP Lasqi mempercayai Sultra sebagai tuan rumah pelaksanaan seni qasidah itu.

“Karena telah mendapat kepercayaan ini, maka kami langsung melakukan koordinasi dengan Pemprov Sultra terkait rencana menjadikan Sultra sebagai tuan rumah Festival Qasidah Nasional tepatnya di Kota Kendari,” katanya.

Ia juga sudah sudah melakukan pertemuan dengan Gubernur Sultra, Wakil Gubernur Sultra dan pihak terkait untuk menyampaikan hal itu, dan mendapat respons serta dukungan positif.

“Kami akan melaksanakan kegiatan ini lebih meriah dari pelaksanaan sebelumnya di Palu karena hanya dipertandingkan bintang vokalis qasidah. Sedangkan di Kendari nantinya, selain bintang vokalis juga akan diperlombakan seperti peragaan busana muslim, qasidah klasik kolaborasi dan lomba cipta lagu qasidah,” katanya.

Kegiatan yang akan dilaksanakan pada November 2015 itu akan diikuti sekitar 3.000 peserta dari 34 provinsi di Indonesia.

“Kita akan tunjukkan kepada publik bahwa seni qasidah sebagai salah satu media syiar Islam harus dibangkitkan kembali mulai dari Sultra. Seperti lagu qasidah yang selama ini dikenal kebanyakan berbahasa arab, maka akan kita lahirkan lagu qasidah baru berbahasa Indonesia dari acara ini,” katanya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY