Mengungkap 5 alasan “sial” tanggal 13 di hari Jumat

436

Acehraya.co.id – Banyak orang yang menganggap tanggal 13 di hari Jumat, yang kebetulan jatuh pada hari ini sebagai hari yang sial. Menelusuri asal rumor tersebut, ternyata hal ini mengajak kita untuk kembali ke masa ratusan tahun silam.

Ada banyak rumor dan dugaan yang menjadi alasan mengapa tanggal 13 di hari Jumat dianggap sebagai hari yang sial. Melansir dari newsshopper.co.uk, berikut merupakan beberapa alasan yang menjadi penyebab tanggal 13 di hari Jumat dianggap “sial”.

1. Hukuman ksatria templar

Ada kemungkinan kisah “sial” dari tanggal 13 di hari jumat berawal dari 13 Oktober 1307. Ini merupakan tanggal di mana Paus dari gereka Khatolik dan Raja Perancis memerintahkan untuk menghukum mati para ksatria templar. Selain itu mereka memerintahkan untuk melakukan penyiksaan dan penyaliban pada pemimpin mereka.

2. Hari Hangman

Rumor hari jumat tanggal 13 sebagai hari sial diperkuat dengan dijadikan tanggal tersebut sebagai hari eksekusi yang dilakukan pada para penjahat selama bertahun-tahun. Hari eksekusi tersebut dikenal dengan nama Hari Hangman. Selain itu, selama ratusan tahun angka 13 juga dikaitkan dengan nasib buruk.

3. Mitos Skandinavia

Orang-orang Skandinavia percaya bahwa angka 13 yang menandakan nasib buruk terkait dengan mitologi Loki. Loki adalah salah satu tokoh yang terkenal dalam kepercayaan Skandinavia karena tipu muslihatnya. Sehingga mereka percaya bahwa angka 13 adalah angka jahat yang membawa malapetaka besar bagi umat manusia.

4. Fitnah tanggal 13

Beberapa orang mengatakan bahwa angka 13 sengaja difitnah oleh para pemimpin agama patriarki. Ini karena angka 13 mewakili feminitas. Angka 13 berkaitan dengan siklus menstruasi selama satu tahun.

5. Keyakinan Hindu

Orang-orang Hindu percaya bahwa orang-orang yang berkumpul dengan jumlah 13 dalam satu tempat sebagai pertanda kesialan.

Hal yang tersebut di atas diangkat berdasarkan spekulasi dan rumor yang sifatnya hanya dugaan. Kebanyakan orang tidak terlalu menganggap serius hal ini, tetapi ada juga orang yang merasa bahwa tanggal ini sebagai tanggal keramat yang harus dihindari. [merdeka]

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY