Efek Kasus Kematian Dokter Andra, Kemenkes Akan Naikkan Gaji Dokter Internsip

895
Bentuk aksi solidaritas dokter dengan menggunakan pita hitam sebagai aksi berkabung atas meninggalnya dr Dionisius Giri Samudra atau yang biasa disapa dr Andra yang menjalani internship (magang) di Puskesmas Dobo, Kota Tual, Maluku Tenggara.

Acehraya.co.id – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan menaikkan gaji dokter internship secara berkala. Hal itu guna menunjang kinerja dokter internsip yang di tempatkan di daerah-daerah dengan tugas yang berat.

Seperti tahun ini, Kemenkes telah menaikkan bantuan biaya hidup untuk dokter internship sebesar Rp2,5 juta per bulan. Pada tahun-tahun berikutnya dengan persetujuan DPR bantuan tersebut akan naik.

“Hak peserta internship tahun ini kita naikkan menjadi Rp2,5 juta per bulan, tahun depan kita akan ada kenaikan dengan persetujuan DPR sebesar Rp3,5 juta hingga Rp4 juta. Transportasi, akomodasi, semua kita tanggung,” ujar Kepala Badan PPSDM Kemenkes Usman Sumantri di Ruang Maharmarjono, Kemenkes, Jakarta, Jumat (13/11).

“Seluruh pembiayaan ditanggung pemerintah. Pemda juga bisa kasih insentif tambahan. Saya keliling daerah saya melihat pemda kasih insentif. Tapi tergantung kemampuan daerah,” lanjutnya.

Di kesempatan yang sama Menkes Nila F Moeloek mencontohkan seperti di Dobo, Kepulauan Aru, Maluku, pemerintah daerahnya memberikan bantuan hidup kepada dokter internship sebesar Rp6 juta. “Pemda di Dobo memberikan Rp6 juta kepada dokter internship,” kata Menkes Nila Moeloek.

Nila menambahkan, program internship adalah penempatan wajib bagi dokter dan dokter gigi yang baru lulus. Hal itu guna menyelaraskan antara hasil pendidikan dengan kondisi di tempat mereka magang.

“Selama menjalankan program, mereka didampingi oleh dokter senior. Mereka memiliki target dan requirement yang harus dicapai dalam masa satu tahun penugasan,” ucapnya.

Nila mengatakan program internship merupakan tahap pelatihan keprofesian pra registrasi. Berbasis kompetensi pelayanan primer guna memahirkan kompetensi yang telah dicapai. “Setelah memperoleh kualifikasi sebagai dokter melalui pendidikan kedokteran dasar,” tutupnya.

Dr Andra (tengah) saat bersama teman-teman dokternya
Dr Andra (tengah) saat bersama teman-teman dokternya

Sebelumnya diberitakan, dokter muda yang bertugas di Aru, Maluku, Dionisius Giri Samudra alias Andra (24) meninggal karena campak dan penyakit komplikasi lainnya. Meski sempat dirawat, namun kondisinya terus memburuk, terlebih lagi fasilitas perawatan di daerah tempat Andra menjalankan internship kurang lengkap. Andra pun meninggal dunia di RSUD Dobo, Maluku, Rabu (11/11) kemarin. [dtc]

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY