Bug Ini Jadi Alat Hacker Bajak Semua Jenis Gadget Android!

505
Ilustrasi bug android

Acehraya.co.id – Android sepertinya tetap mempertahankan gelarnya sebagai sistem operasi dengan ancaman kerentanan tertinggi. Buktinya, sebuah bug atau kerusakan sistem baru ditemukan di OS Android yang memungkinkan hacker mengambil alih semua jenis gadget Android.

Keberadaan bug yang diumumkan pada konferensi keamanan PacSec di Tokyo, Jepang, baru-baru ini. Bug tersebut terletak di JavaScript v8 yang ada di aplikasi browser Chrome Android, Phone Arena (13/11). Guang Gong, pakar dari Quihoo 360, disebut sebagai penemu pertama bug JavaScript v8.

Bug ini dikategorikan sangat berbahaya karena untuk mengaktifkannya tidak diperlukan cara sulit. Hacker disebut bisa memanfaatkan bug ini untuk membuat gadget Android membuka situs berbahaya yang sudah ditanami virus. Saat virus itu sudah menginfeksi, hacker bisa dengan mudah mengambil alih gadget dan mengakses data penting yang ada di dalamnya.

Celakanya, perangkat Android yang berjalan dengan sistem operasi Android terbaru pun tidak lepas dari ancaman. Bahkan, demonstrasi kerentanan bug JavaScript v8 ini ditunjukkan di Nexus 6 yang notabene smartphone baru Google.

“Begitu smartphone mengakses website, JavaScript v8 di Chrome bisa digunakan untuk menginstal aplikasi (dalam hal ini permainan BMX Bike) tanpa interaksi pengguna untuk menunjukkan kontrol penuh atas smartphone. Bug ini ada di versi terbaru dari Chrome yang bekerja pada semua ponsel Android; kami memeriksa secara khusus tipe eksploitasi di bug tapi bug ini bisa dikode ulang untuk menyerang berbagai jenis gadget Android karena bug ini menarget mesin JavaScript,” ucap Dragos Ruiu, panitia dari gelaran PacSec.

Google pun sudah mengetahui keberadaan si bug JavaScript v8, sehingga kita bisa menunggu patch perbaikan yang bakal dirilis Google untuk JavaScript v8 Chrome. [merdeka]

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY