Kartunis AS Gambarkan Perbedaan ISIS & Muslim

871
Ilustrasi yang membedakan ISIS dengan Muslim (Foto: Twitter @JenSorensen)

Acehraya.co.id – Pasca-teror Paris, Islamophobia atau fobia terhadap penganut Islam terjadi, baik di Eropa maupun Amerika Serikat (AS). Anggapan bahwa seorang muslim sama dengan ISIS merebak dan bahkan jadi topik perdebatan calon Presiden AS di kubu Partai Demokrat dan Republik.

Prihatin akan hal itu, seorang kartunis, Jen Sorensen menciptakan ilustrasi, bahwa seorang muslim tak serta merta otomatis seorang (anggota atau simpatisan) ISIS.

Ilustrasinya itu juga sudah beredar di dunia maya dan mendapat perhatian positif para netizen, baik di media sosial Twitter maupun Facebook.

Dalam ilustrasinya, kartunis yang juga editor ‘Fusion Comics’ tersebut menggambarkan dua sosok, di mana salah satunya mengenakan pakaian hitam, sabuk bom bunuh diri dan menyandang senapan AK-47.

Sosok itu dituliskan keterangan bahwa pria dengan penggambaran berbahaya itu membunuh tanpa pandang bulu, pandangan mata sangar seorang pembunuh, menggunakan iPhone untuk merekrut anggota lewat sosmed, mengenakan sabuk bom bunuh diri, acap menyerang masjid dan mengklaim dirinya seorang muslim.

Sementara sosok kedua digambarkan seorang wanita berhijab yang diberi keterangan, ingin menghindar dari ISIS, pandangan mata sayu karena disalahkan atas aksi ISIS, menggunakan iPhone untuk mengutuk serangan ISIS via sosmed, mengenakan ikat pinggang yang tengah nge-trend, berharap ISIS tak menghancurkan masjid dan sering dituduh teroris.

“ISIS bukan Islam. Lalu mengapa (publik) memaksakan label sebaliknya, kecuali Anda punya sebuah kapak untuk menghantam tentang sebuah keyakinan yang Anda anggap inferior,” ungkap Sorensen, seperti disitat, Independent, Rabu (18/11/2015).

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY