Minyak Mentah Kembali Anjlok karena Banjir Pasokan

342
istimewa

Acehraya.co.id – Harga minyak mentah merosot pada awal perdagangan di Asia, setelah data stok minyak mentah mengalami kenaikan melampaui ekspektasi. Padahal, para analis memperkirakan adanya penurunan ratusan ribu barel.

Para pedagang mengatakan, penurunan harga minyak mentah ini disebabkan oleh kenaikan stok minyak mentah Amerika secara tidak terduga sebesar 1,6 juta barel menjadi 489,9 juta, dibandingkan dengan ekspektasi analis untuk penurunan 471.000 barel.

Kenaikan akan menambah pasokan berkelanjutan mencapai 500 ribu sampai 2 juta barel per hari. Harga mentah telah jatuh lebih dari 60 persen sejak Juni 2014.

Para investor menanti pertemuan Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) yang dilakukan akhir pekan ini. Mereka diharapkan tidak mengubah kebijakan dan tetap mempertahankan output tinggi dalam upaya untuk mempertahankan pangsa pasar terhadap produsen lain seperti Rusia dan Utara Amerika.

“Kami berharap status quo ini dapat dipertahankan. Arab Saudi sedang tidak dalam mood untuk memotong output, terutama karena masih mengalami kerugian di tengah meningkatnya tekanan keuangan antara OPEC dan anggota non-OPEC yang memegang peranan kunci,” kata konsultan Energy Aspects, seperti dilansir dari Reuters, Rabu (2/12/2015).

Minyak mentah berjangka Amerika Serikat (AS), CLc1, diperdagangkan turun 17 sen menjadi USD41,68 per barel. Sementara minyak mentah patokan Eropa, Brent LCOc1. turun 17 atau 0,4 persen ke USD44,44 per barel.

Salah satu faktor pendukung dalam harga minyak adalah permintaan terutama di Asia, di mana China, konsumen energi terbesar di dunia, telah mengambil keuntungan dari rendahnya harga minyak mentah untuk membangun cadangan strategis. [okezone]

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY