Turki Tantang Rusia Buktikan Klaim Perdagangan Minyak

522
Presiden Erdogan berjanji mengundurkan diri jika klaim Presiden Rusia Vladimir Putin terbukti benar. foto: AP

Acehraya.co.id – Turki menantang Rusia membuktikan klaim bahwa Ankara menembak jatuh pesawat Rusia demi melindungi perdagangan minyak dengan kelompok yang menyebut dirinya Negara Islam (ISIS).

“Kalau Anda membuat tuduhan, Anda harus membuktikannya,” kata Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Dia menanggapi tuduhan Presiden Rusia Vladimir Putin, yang juga mengatakan penembakan jatuh pesawat Rusia adalah “kesalahan besar”.

Pemerintah Turki menolak meminta maaf atas insiden tersebut.

“Kami bertindak dengan sabar. Bukan hal positif bila dua negara yang tampaknya telah menjalin kemitraan strategis membuat pernyataan emosional,” ujar Erdogan.

Erdogan juga berjanji akan mengundurkan diri bila tuduhan bahwa Turki membeli minyak dari ISIS terbukti benar, memberi kesan bahwa Putin harus melakukan hal sama jika dia ternyata salah.

Satu pilot Rusia terbunuh dan satu lagi terselamatkan setelah pesawat tempur F-16 Turki menembak pesawat pengebom Rusia Su-24 pada 24 November lalu.

Satu marinir Rusia terbunuh pada operasi penyelamatan di Suriah. Turki mengatakan jet itu memasuki wilayah udaranya, yang dibantah oleh Rusia.

Departemen Luar Negeri Amerika Serikat mengatakan, bukti yang ditemukan Pemerintah Turki dan AS mengindikasikan pesawat itu memang melanggar batas udara Turki.

Turki membantah adanya ikatan apapun dengan ISIS. Negara itu juga merupakan bagian dari koalisi pimpinan AS yang melancarkan serangan udara melawan kelompok militan tersebut. [bbcindonesia]