MU Gagal Ke 16 Besar Setelah Dihajar Wolfsburg dengan Skor 3-2

394
Skuat MU ratapi kekalahannya lawan Wolfsburg. (c) AFP

Acehraya.co.id – Wolfsburg Musnahkan Mimpi MU Lolos ke 16 Besar. Wolfsburg berhasil mempecundangi Manchester United dengan skor 3-2 di matchday 6 Liga Champions di Volkswagen Arena, Rabu (09/12).

Seperti yang diperkirakan, pertandingan ini berlangsung dengan seru sejak awal. Namun Wolfsburg mampu tampil tenang walau tertinggal lebih dulu dan menang berkat gol-gol dari Naldo (dua gol) dan Vieirinha. Sementara itu United hanya bisa mencetak gol melalui Anthony Martial dan bunuh diri Joshua Guilavogui.

Pertandingan langsung berjalan dengan tempo cukup tinggi sejak awal. Baik sang tuan rumah maupun sang tamu sama-sama maju saling serang.

Wolfsburg langsung nyaris mencetak gol di menit ke-3. Andre Schurrle berdiri bebas di dalam kotak penalti dan mendapatkan umpan matang dari Max Kruse. Sayang sepakan kaki kanannya justru membuat bola melambung.

Setelah saling serang beberapa saat, Setan Merah jadi tim pertama yang bisa mencetak gol. Di menit ke-10, Juan Mata memberikan umpan terobosan matang pada Martial. Tanpa kesulitan, ia menempatkan bola ke tiang jauh dan gol! 0-1.

Sengatan itu membuat Wolfsburg berusaha lebih keras lagi dalam menyerang. Hasilnya langsung terlihat di menit ke-13. Bola tendangan bebas Ricardo Rodriguez disambut sontekan Aparecido Rodrigues alias Naldo di dalam kotak penalti dan bersarang di sudut kiri bawah gawang de Gea. 1-1.

Gol tersebut membuat permainan pasukan Dieter Hecking makin menggebu-gebu. Serangan mereka pun kembali membuahkan hasil pada menit ke-29. Julian Draxler menyerbu pertahanan United dari kiri dan menusuk ke tengah kotak penalti. Setelah bermain umpan one-two dengan Kruse, ia tinggal berhadapan dengan De Gea saja. Namun pemain 19 tahun tersebut langsung memberikan umpan pada Vieirinha yang dalam posisi tak terkawal. Gol. 2-1.

Di menit ke-39, Wolfsburg nyaris menambah keunggulannya melalui serangan balik. Serangan itu akhirnya bermuara pada Draxler. Sayang sepakan pemain muda tersebut masih bisa digagalkan oleh De Gea.

Di menit ke-45, United sukses mencetak gol melalui Lingard. Akan tetapi gol itu dianulir oleh wasit karena Mata diklaim berada di dalam posisi offside. Walau diprotes keras oleh pemain-pemain United, wasit tetap menyatakan gol tersebut tak sah.

Babak pertama akhirnya berakhir dengan skor tetap 2-1.

Di babak kedua, Louis Van Gaal menginstruksikan anak-anak asuhnya bermain lebih menyerang. Namun ternyata Wolfsburg tak gentar dan bisa bermain dengan tenang.

Wolfsburg bahkan bisa mengancam gawang United beberapa kali. Seperti di menit ke-63, 67 dan 68. Namun semua peluang itu bisa dimentahkan oleh De Gea.

Usaha Setan Merah akhirnya menuai hasil manis. Di menit ke-82, Fellaini menanduk bola hasil sepak pojok ke arah gawang. Bola melambung sedikit tinggi namun lajunya tak kencang. Akan tetapi bola itu justru disundul lagi oleh Josuha Guilavogui dan ia justru membobol gawangnya sendiri. Skor kini menjadi 2-2.

Sayangnya keunggulan itu tak berlangsung lama. Hanya berselang dua menit, Wolfsburg kembali mencetak gol. Umpan sepak pojok Schafer ke tiang jauh ditanduk oleh Naldo dan masuk dengan mulus ke gawang walau sempat berusaha digagalkan oleh Blind. 3-2.

Gol ini membuat kubu United kian kalut. Apalagi di tempat lain dan di waktu yang sama, PSV menang 2-1 atas CSKA Moskow. Sayangnya, semua usaha United untuk bisa membobol gawang sang tuan rumah berakhir sia-sia. Mereka tak bisa menambah gol lagi hingga pertandingan berakhir. Skor 3-2 untuk keunggulan Wolfsburg.

Dengan demikian, Wolfsburg lolos sebagai juara grup dengan poin 12 disusul oleh PSV yang menempati peringkat kedua dengan poin 10. United turun ke posisi tiga dengan poin delapan. Mereka pun dipastikan turun kasta ke Liga Europa.

Statistik Wolfsburg vs Manchester United:
Penguasaan bola: 45% – 55%
Shot (on goal): 10 (6) – 16 (5)
Pelanggaran: 8 – 12
Offside: 3- 6
Kartu kuning: 2 – 2
Kartu merah: 0 – 0

Susunan Pemain:
Wolfsburg: (4-2-3-1): Benaglio; Trasch, Naldo, Dante, Rodriguez (Schafer 16″); Guilavogui, Arnold; Vieirinha (Klose 78″), Kruse, Draxler (Caliguri 85″); Schurrle.

Manchester United (4-2-3-1): De Gea; Varela, Smalling, Blind, Darmian (Borthwick-Jackson 43″); Schweinsteiger (Carrick 69″), Fellaini; Lingard, Mata (Powell 69″), Memphis; Martial. [bola/dim]

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY