Sambut Hari Nusantara 2015 di Lampulo, Ribuan Personel Amankan Wapres JK

625
Wakil Presiden Jusuf Kalla (antara)

Acehraya.co.id – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) akan bertandang ke Aceh untuk menghadiri puncak Hari Nusantara, besok. Sedikitnya 1.500 personel aparat keamanan dikerahkan untuk mengamankan kedatangannya.

“Keseluruhannya ada 1.500 personel yang diturunkan untuk pengamanan, dari TNI, Polri, dan Satpol PP. Semua angkatan di TNI dilibatkan,” kata Kepala Penerangan Kodam Iskandar Muda Kolonel Inf Machfud, Sabtu (12/13/2015).

Wapres dijadwalkan hadir di Aceh pada Minggu 13 Desember 2015 pagi. Setelah mendarat di Bandara Blang Bintang, Aceh Besar, ia akan langsung bertolak ke Pelabuhan Perikanan Lampulo, Banda Aceh untuk menghadiri puncak Hari Nusantara 2015. Usai mengisi agenda di sana, pria asal Makassar tersebut dijadwalkan langsung pulang ke Jakarta.

Machfud mengatakan, pengamanan kunjungan Wapres akan dipusatkan di bandara. Kemudian di Pelabuhan Perikanan, di antaranya di sekitar area panggung utama, arena pameran, dan lokasi kenduri laot. “Jalan dilalui wapres juga diamankan,” ujarnya.

Sistem pengamanannya, kata Machfud, dibagi dalam tiga ring. “Ring satu tetap dikawal Paspampres, ring dua kami, dan ring tiga juga kami,” ucao Machfud.

Kendaraan perang lapis baja serta kapal perang (KRI) TNI Angkatan Laut dikerahkan untuk mengantisipasi gangguan selama kunjungan orang nomor dua di Indonesia itu. “Jumlahnya saya gak ingat, pokoknya standar pengamannya seperti yang sudah-sudah,” sebut Machfud. [Salman Mardira/okezone]

Menjelang Hari Nusantara, Lampulo Macet

Menjelang hari Nusantara ke-15, arus lalu lintas di kawasan Lampulo macet total. Peristiwa ini terjadi di kawasan TPI, Sabtu (12/12/2015) malam. Khaidir salah seorang warga yang baru pulang dari Pameran Hari Nusantara mengaku terjebak macet.

“Ini belum pernah terjadi, macet sepanjang 1 kilometer lebih,” katanya berharap ada petugas yang siaga mengatasi kemacetan tersebut.

Keuchik Lampulo, Samsul Mukhtar mengatakan kemacetan terjadi sekitar pukul 18.30 wib hingga pukul 20.00 wib. “Ini terjadi karena kebiasaan orang-orang Aceh belum sadar akan aturan berlalu lintas,” katanya.

Menurut Samsul banyak pihak yang ikut membantu mengatasi kemacetan tersebut. Polisi lalu lintas bersama masyarakat ikut membantu sehingga sampai saat ini pukul 20.30 wib kemacetan sudah mulai teratasi.

Hari Nusantara ke-15 ini dijadwalkan dibuka Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla pada Minggu, (13/12/2015) sekitar pukul 09.30 wib. Kemudian usai pembukaan digelar atraksi laut dan persembahan gelar tari nusantara.

Agenda Wapres RI akan mengunjungi pameran Hari Nusantara dan Khanduri Laot untuk makan siang bersama nelayan Aceh. []

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY