Jelang Akhir Tahun, Wisatawan Padati Pelabuhan Ulee Lheu Dan Sabang

1283
Kapal penyeberangan yang mengangkut wisatawan ke Pulau Sabang meninggalkan Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh, Aceh, Sabtu (14/3). Presiden Joko Widodo dalam kunjungan ke Sabang (Pulau Weh) menyatakan akan membuka kran investasi untuk Sabang guna mewujudkan daerah tersebut sebagai kawasan wisata dunia, sekaligus sebagai poros maritim dunia. ANTARA FOTO/Ampelsa/Asf/Spt/15.

Acehraya.co.id – Ribuan wisatawan memadati pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh yang hendak berangkat ke Sabang. Melonjaknya penumpang ini karena libur panjang sejak Natal hingga memasuki tahun baru 2016.

Wisatawan yang hendak berangkat ke Sabang datang dari berbagai daerah, baik wisatawan lokal, luar daerah hingga luar negeri hendak berlibur di pulau Weh di ujung barat Indonesia.

Ada ratusan mobil pribadi yang terparkir di arena parkir antri untuk bisa berangkat menggunakan kapal KMP BRR. Bahkan ada yang sudah sejak kemarin memarkirkan mobil di pelabuhan untuk menunggu antrian.

Demikian juga dengan sepeda motor terlihat semakin meningkat tajam. Bahkan tempat parkir sementara sebelum masuk dalam kapal pun sudah penuh dan juga di arena parkir lainnya sudah dipadati kenderaan.

Saat petugas bandara membuka loket pada pukul 09.00 WIB, ribuan wisatawan langsung menyerbu loket tersebut. Ada sekitar 500 orang lebih antri di loket KMP BRR.

Sedangkan loket kapal lambat, KM. Pulau Rondo dibuka pada pukul 09.00 WIB juga langsun diserbu penumpang. Melalui pengeras suara, petugas pelabuhan menyebutkan kapal lambat yang berangkat pukul 10.00 hanya muat 180 orang. Selebihnya diminta untuk tetap menunggu, karena ada 5 kali keberangkatan pada hari ini.

Kepala UPTD Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh Misdariyanto mengatakan, meningat akhir tahun dan terjadi lonjakan penumpang. Pihaknya akan menambah jadwal keberangkatan kapal cepat maupun kapal lambat untuk mengantisipasi serbuan wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang hendak berlibur ke Sabang.

“Kita tambah jadwal keberangkatan kapal. Ini untuk mengantisipasi lonjakan penumpang,” kata Misdariyanto, Jumat (25/12) di Banda Aceh.

Dia menyebutkan, kapal cepat KM. Ekspres Bahari dan KM. Pulau Rondo yang semula berangkat hanya dua kali dalam sehari, ditambah menjadi lima kali dalam sehari.

Dua kali berangkat pada pagi hari dan dua kali pada siang hari, kemudia dilanjutkan satu kali pada sore harinya. Diperkirakan, dengan adanya penambahan keberangkatan ini, akan bisa mengangkut semua wisatawan yang hendak berlibur ke Sabang.

Selain itu, dia juga menyebutkan untuk kapal lambat, KMP BRR juga ditambah jadwal keberangkatannya hingga malam hari. Hal ini mengingat antiran panjang kenderaan roda dua dan empat memadai pelabuhan.

“Ini berlaku selama libur Natal dan tahun baru saja. Setelah itu normal kembali,” tutupnya.

Jelang Tahun Wisatawan Padati Sabang

Libur akhir tahun para wisatawan melonjak drastis ke Sabang. Jadwal pelayaran dari Pelabuhan Balohan Sabang – Ulee lheu Banda Aceh pun bertampah sampai empat trip.

Pantaun habadaily.com dari Pelabuham Balohan Sabang, sejak kemaren, 23 Desember 2015 wisatawan dari berbagai daerah terus berdatangan ingin menghabiskan waktu liburnya di Pulau Weh.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Kota Sabang, Irawadi, Jumat (25/12) kepada habadaily.com mengatakan, sudah menjadi tradisi setiap musim libur tiba wisatawan dari berbagai daerah terus berdatangan ke Sabang.

“Jika libur akhir tahun, wisatawan melanjok drastis ke Kota Destinasi. Apalagi libur kali ini bersamaan dengan libur sekolah,” kata Irawadi.

Menurut dia, pihaknya sudah berkomunikasi dengan Unit Pelayanan Terpadu Pelabuhan (UPTD) Sabang untuk menyesuaikan jadwal pelayaran, dan jika pengunjung terus meningkat, maka dengan sendirinya trip pelayaran Sabang Banda Aceh dan sebaliknya akan ditambah.

“Ada empat (4) Kapal yang stanbay, dua Kapal cepat dan dua diantaranya kapal lambat. Kemaren, Kamis (24/12) keseluruhan ada 7 trip PP, dan jika tamu terus bertambah jadwal kapai akan disesuaikan,” ujarnya. [Haba Daily/ acl]

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY