Kedutaan Asing di Jakarta Keluarkan Peringatan Waspada

618
Ledakan bom mengguncang kawasan Sarinah, Jakarta Pusat. (CNN Indonesia/Susetyo Dwi Prihadi)

Acehraya.co.id – Ledakan dan penembakan di Jalan Thamrin, Jakarta Pusat, yang menewaskan tujuh orang hari ini memicu peringatan bahaya dari banyak kedutaan besar asing di Indonesia untuk warganya.

Selain Amerika Serikat, Duta Besar Australia untuk Indonesia Paul Grigson di akun Twitternya meminta warga Austranya untuk menghindari daerah Thamrin.

“Seluruh warga Australia yg berada di JKT hrs menghindari daerah ini, membatasi pergerakan & mengikuti instruksi pihak yg berwenang,” ujar Grigson.

Kedutaan Besar Inggris juga mengeluarkan peringatan yang sama. Dalam situsnya, kedubes Inggris meminta warga mereka menjauhi wilayah serangan, terutama di sekitar Hotel Sari Pan Pacific dan Sarinah Plaza di Thamrin.

“Anda harus menghindari area tersebut, batasi pergerakan anda dan ikuti arahan dari pemerintah lokal,” tulis situs Kementerian Luar Negeri Inggris.

Sementara staf di kedutaan besar lainnya dievakuasi, salah satunya di Kedubes Turki di bilangan Kuningan.

Juru bicara Kedutaan Perancis di Jakarta, Quentin Biehler, mengatakan bahwa kantor perwakilan mereka saat ini dalam keadaan waspada.

“Kami terus pantau semua dari media. Sejauh ini, saya suruh semua orang di Kedubes untuk terus waspada,” kata Biehler.

Kedutaan Besar Jepang ditutup dan seluruh staf, termasuk warga pemohon visa, dilarang keluar saat baku tembak dan peledakan terjadi.

“Kami hanya mengikuti instruksi pengamanan, seperti tidak membolehkan orang yang ada dalam gedung keluar, termasuk yang sedang apply visa,” kata juru bicara Kedubes Jepang, Fauzi Ramadhan.

[cnnindonesia]