Ternyata Fenomena Gerhana Matahari Total, Bisa Dilihat Dari Penerbangan Ini

557
Ilustrasi Gerhana Matahari Total

Acehraya.co.id – Bisa menyaksikan Gerhana Matahari Total atau GMT pada 9 Maret 2016 tentunya akan menjadi pengalaman unik. Untuk itu, sejumlah wilayah di Indonesia telah bersiap menyambut terjadinya fenomena alam ini pada 9 Maret 2016. Salah satunya adalah Kepulauan Mentawai, wilayah yang baru diguncang gempa 7,8 SR tadi malam (2/3/2016), yang menyambut Gerhana Matahari Total dengan atraksi budaya.

Namun, bagi yang tidak sempat datang ke Indonesia atau ke beberapa negara yang terkena dampak Gerhana Matahari Total, ada beberapa solusi yang dapat dipertimbangkan. Salah satunya adalah menyaksikan Gerhana Matahari Total langsung dari langit. Artinya, masyarakat dapat menyaksikan peristiwa tersebut dari pesawat terbang.

Berada di angkasa saat Gerhana Matahari Total terjadi bukanlah hal yang mustahil. Apalagi ada sejumlah penerbangan komersil yang sengaja mengadakan jadwal penerbangan khusus bagi penumpang yang ingin melewati momen Gerhana Matahari Total di udara.

Astronom Xavier Jubier telah memetakan jalur untuk penerbangan pribadi di momen Gerhana Matahari Total. Beroperasi dengan Dassault Falcon 7X, penumpang dapat menyaksikan fenomena tersebut selama 3 menit 34 detik.

Selain itu, setidaknya ada dua penerbangan komersial yang juga menyajikan pemandangan Gerhana Matahari Total (GMT). Salah satunya adalah Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan 649. Menurut Jubier, dengan sedikit penyesuaian jalur, Garuda Indonesia nomor penerbangan 649 dari Ternate ke Jakarta setidaknya akan memperoleh pemandangan Gerhana Matahari Total selama minimal 2,5 menit di tanggal 9 Maret 2016.

“Rencana penerbangan akan membutuhkan sedikit modifikasi yang secara mudah dapat dilakukan untuk menyajikan pemandangan dengan total 2 menit dan 27 detik di sisi kiri pesawat terbang dengan matahari hitam pada elevasi 38 derajat,” tulis Jubier seperti dilansir dari Mashable (2/3/2016). “atau 3 menit dan 3 detik untuk penumpang di sisi kanan,” jelasnya lebih lanjut.

Selain Garuda Indonesia, maskapai Alaska Airlines nomor penerbangan 870 juga memiliki peluang menyajikan pemandangan Gerhana Matahari Total (GMT) pada penumpangnya. Bahkan maskapai tersebut telah memodifikasi jadwalnya untuk disesuaikan dengan peristiwa alam tersebut, jelas Jubier.

Tentunya tidak semua orang memiliki kesempatan langka untuk berada di pesawat terbang atau di Indonesia dalam rangka menyaksikan Gerhana Matahari Total. Solusi yang paling mudah adalah menyaksikannya secara online. Layanan teleskop robotik SLOOH akan menghadirkan siaran langsung Gerhana Matahari Total (GMT) pada tanggal 8 atau 9 Maret 2016.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY