Sejak Shubuh, Warga Banda Aceh Sudah Padati Gedung Riset TDMRC

648
Foto: Agus/detikcom

Acehraya.co.id – Warga Banda Aceh mulai berdatangan ke gedung Tsunami & Disarter Mitigation Research Centre (TDMRC) Ulee Lheue. Mereka ingin menyaksikan secara langsung saat gerhana terjadi yang diperkirakan mulai pukul 06.21 WIB.

Pantauan detikcom, warga lintas usia mulai berdatangan ke gedung sejak pukul 05.30 WIB, Rabu (9/3/2016). Di gedung TDMRC disedikan 5 teleskop dan empat teodolit milik Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh serta satu teropong milik BMKG stasiun Mata Ie, Aceh Besar.

Peralatan untuk melihat gerhana sudah terpasang di lokasi. Dari lokasi, BMKG juga akan melakukan live streaming. Selain itu, Kanwil Kemenag juga menyediakan 150 kacamata gerhana yang akan dibagi-bagi untuk warga.

Operator dari Kanwil Kemenag dan BMKG terlihat sedang mengatur alat untuk mencari titik dimana matahari terbit. Untuk Banda Aceh, gerhana diperkirakan terjadi mulai pukul 06.21 WIB dan puncaknya pada pukul 07.21 WIB.

Di Aceh ada dua lokasi observasi gerhana yaitu Banda Aceh dan Lhokseumawe. Di Banda Aceh sendiri, pihak Kanwil Kemenag memasang teleskop di dua lokasi yaitu gedung TDMRC dan masjid Baiturrahim Ulee Lheue.

“Di masjid ada satu teleskop yang kita pasang. Hal ini kita lakukan sebagai antisipasi jika di gedung ini penuh,” kata Operator Badan Hisap dan Rukyat Provinsi Aceh, Aznur Johan. [detik.com]

Shalat Gerhana

Ratusan masyarakat Banda Aceh sudah mulai memadati Masjid Agung Al Makmur Lampriet, Banda Aceh untuk melaksanakan shalat gerhana matahari total, Rabu (9/3) pukul 09.00 WIB.

Hasil pantauan Acehraya.co.id melalui situs media twitter, para jamaah mulai mendatangi masjid tersebut sejak shubuh tadi, bersamaan dengan melaksanakan shalat shubuh berjamaah.

gerhana banda aceh Pencarian Twitter

“Shalat gerhana di mesjid oman Banda Aceh. Baru pertama sumur hidup” seperti dikutip Acehraya.co.id dari account twitter @Kautsar03.

-1 gerhana banda aceh Pencarian Twitter

“Jamaah shalat Gerhana mesjid Al makmur Lamprit Banda Aceh,” ujar akun twitter @Acehsocial.

gerhana banda aceh -arcy Pencarian Twitter

Ketua Remaja Masjid Al Makmur, Heldi kepada Acehraya.co.id mengatakan, karena gerhana matahari total itu akan melintasi wilayah Indonesia. Sehingga mereka mengajak warga untuk dapat melaksanakan shalat gerhana.

Walaupun Pemko Banda Aceh sudah memutuskan shalat gerhana dipusatkan di Masjid Baiturrahim Ulee Lheue, namun pengurus masjid tetap menggelar shalat gerhana agar mudah dijangkau oleh masyarakat di sekitar Masjid Al Makmur.

Heldi mengharapkan warga dapat meluangkan waktunya sejenak untuk berkumpul di masjid saat gerhana terjadi. Ia mengatakan, usai shalat juga akan diberikan ceramah. [af]

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY