Dede Suhendra : Aceh Masih Bisa Pertahankan 30 Persen Hutan

440
Pertemuan elemen sipil Aceh dengan Gubernur Zaini Abdullah, Rabu malam(17/2) di Meuligoe Gubernur. (Mitro Heriansyah/ AJNN)

Acehraya.co.id – Project Leader WWF Indonesia Northern Sumatra Program Dede Suhendra mengatakan Aceh beruntung masih bisa mempertahankan sekitar 30 persen hutan Aceh dari RTRW. Hal itu disampaikan Dede Suhendra dalam pertemuan elemen sipil Aceh dengan Gubernur Zaini Abdullah, Rabu malam(17/2) di Meuligoe Gubernur.

Dikatakan Dede Suhendra, harusnya Aceh mendapat award atau penghargaan dari pemerintah pusat. Karena telah berhasil mempertahankan hutan Aceh hingga 30 persen. Sesuai amanah peraturan yang berlaku.

“Aceh berhasil mempertahankan 30 persen hutan. Ini Aceh seharusnya mendapatkan penghargaan,” kata Dede Suhendra.

Mendengar hal itu, Gubernur Zaini, di hadapan belasan elemen sipil merespon dengan tegas, bahwa dirinya tetap berkomitmen untuk melanjutkan moratorium logging dan moratorium tambang. Hal itu, sebagai bentuk keseriusan Pemerintah Aceh untuk tetap menjaga kelestarian lingkungan hidup hutan Aceh.

Lanjut Dede Suhendra, Aceh juga harus meningkatkan penghasilan masyarakat non kayu. Agar tidak terjadi deforestasi hutan yang signifikan.

Hal lain dikatakan oleh Zulfikar, Direktur Koalisi NGO-HAM, menurutnya Pemerintah Aceh juga harus memperhatikan dan melakukan peninjauan kembali terhadap alih fungsi lahan.

Selain itu, kata Zulfikar, itu telah meningkatkan laju kerusakan ekologi erat juga karena dipengaruhi oleh izin Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL). Karenanya, kata dia, tanggung jawab besar pemerintah tidak hanya soal moratorium, tapi juga penertiban AMDAL terhadap alih fungsi lahan. [ajnn]

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY