Daripada Nongkrong di Kuburan, Mending Nongkrong di Warung Kupi

1126
Ilustrasi internetan di warung kopi (Blog Coffe.shop)

Mungkin tidak berlebihan kalau saya katakan bahwa orang Aceh sangat suka nongkrong di warung kopi atau cafe. Diakui atau tidak faktanya demikian. Tua-muda senang menghabiskan waktu mereka di warung kopi. Mahasiswa pun lebih senang menyelesaikan tugas kampus mereka di cafe daripada di rumah. Jadi pemuda Aceh umumnya mabuk kopi dan nongkrong di warung kopi.

Namun hal berbeda terjadi ketika Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Ar Raniry Banda Aceh, Profesor Farid Wajdi melontarkan kekuatirannya terkait fenomena anak muda Aceh yang doyan nongkrong di warung kopi atau kafe-kafe yang kini bertumbuh di hampir setiap sudut ibukota Provinsi Aceh itu.

“Di dunia ini hanya di Aceh 80 persen generasi muda duduk di cafe siang dan malam. Ini musibah yang lebih besar dari bom atom,” kata Profesor Farid Wajdi seperti dilaporkan koran Serambi Indonesia, Selasa, 22 Maret 2016.

Pernyataan itu disampaikan Profesor Farid saat wisuda 967 wisudawan mahasiswa UIN Ar Riniry, Senin, 21 Maret.

Farid kemudian mengingatkan generasi muda Aceh untuk meningkatkan pendidikannya setinggi mungkin. Ia berharap para lulusan tidak menjadi pengemis intelektual dan menghabiskan waktu sia-sia tanpa berbuat untuk pengembangan diri yang lebih baik dan berguna untuk dirinya dan daerah.

Pernyataan Farid itu mengundang komentar di jejaring sosial. Sebagian mendukung pernyataannya, namun ada pula yang menolak. Bagi yang menolak, beralasan duduk di warung kopi bukanlah sekedar menyia-nyiakan waktu.

“Pak Rektor mungkin belum tahu, banyak anak-anak muda duduk di warung kopi dan meraup jutaan rupiah dari internet,” tulis seorang netizen.

Sekedar informasi, sebagian besar warung kopi yang tumbuh di Banda Aceh paskabencana tsunami memang dirancang dengan desain modern dan dilengkapi fasilitas internet gratis. Kota di ujung barat Indonesia ini pun dijuluki Kota Seribu Warung kopi.

Bagi sebagian anak muda yang pintar memanfaatkan peluang, fasilitas gratis itu dipakai untuk mencari pendapatan tambahan di dunia maya. Sebaliknya, tak sedikit juga yang yang hanya sekedar untuk mencari hiburan semata.

Sebenarnya, warning untuk anak muda Banda Aceh yang doyan nongkrong di warung kopi juga pernah disampaikan oleh Walikota Banda Aceh Illiza Saaduddin Djamal saat membuka perhelatan Festival Kopi 2014.

Ketika itu, Illiza mengingatkan kaum bapak agar jangan lupa pulang ke rumah saat duduk di warung kopi. “Bapak-bapak kalau minum kopi di warung kopi, jangan lama-lama. Jangan lupa pulang kasihan istri di rumah menunggu,” kata Illiza.

Iliza juga meminta anak muda Banda Aceh jangan sampai masih duduk di warung kopi hingga tengah malam meski warung kopi menyediakan layanan internet gratis. “Minum kopi bagus bagi kesehatan, tetapi kalau minum kopi satu cangkir ngobrolnya sampai tengah malam tidak baik juga bagi kesehatan,” kata Illiza saat itu.

Mungkin bagi orang yang GAPTEK  pernyataan itu bisa diterima oleh akal, tapi banyak pemuda-pemuda aceh yang bisa menghasilkan uang dengan duduk diwarung kopi, bukan hanya duduk doang akan tetapi dibarengi beberapa kegiatan lain, Seperti :

1. Jadi Blogger  (Publisher Adsene)

Bagi yang belum mengerti apa itu bloggerBlog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web.  Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.(Sumber : wikipedia)

Bagaimana cara mereka mendapatkan uang dari blog ?

Mereka mendapatkan uang dengan cara mendaftarkan blog mereka ke Google Adsene atau jasa iklan iklan lainnya. Google Adsene  Merupakan sebuah program periklanan online yang dimiliki oleh Google. Google Adsense adalah cara tercepat dan cara termudah bagi pemilik website atau blog untuk menghasilkan uang dari internet. Namun, sekarang ini ada banyak jasa publisher yang dapat anda cari di internet.

7 Anak Muda Yang Kaya Raya dari Berinovasi di Internet

Caranya yaitu dengan memasang iklan Google Adsense atau jasa affiliasi lainnya pada website atau blog. Jika ada orang lain atau pengunjung situs atau blog yang klik iklan maka Anda akan mendapatkan komisi dari Google atau jasa iklan affiliasi lainnya.

Kenapa mereka tidak main  blog dirumah tau dikost ?

karena diwarung kopi mereka  bisa sharing atau berbagi tentang ilmu-ilmu baru yang mereka dapatkan dengan teman-temannya dan masalah lain karena layanan internet yang kurang memadai dirumah atau kost, mereka harus menggunakan internet berkuota. Dan itu sangat menguras kuota atau paket data, jadi alternatifnya ya diwarung kopi, selain bisa berbagi dan internet unlimited.

Jadi sambil ngopi di warung kopi, kita juga dapat berbagi ilmu dan hobi yang bermanfaat di internet sambil menghasilkan rupiah.

2. Jadi Youtuber atau Pembuat Konten Video 

Apa itu youtube YouTube adalah sebuah situs web video sharing (berbagi video) populer dimana para pengguna dapat memuat, menonton, dan berbagi klip video secara gratis.

10 Orang Ini Menjadi Kaya Karena Youtube

Lho Lho emang di youtube bisa dapat uang ? 

Jika ingin mendapatkan uang dari YouTube maka kita harus mengunggah konten video yang unik dan menarik ke YouTube. Semakin banyak views ke video tersebut, maka akan semakin besar peluang penghasilan yang kita dapatkan dari YouTube.

Ada Banyak konten video yang dapat dibuat sambil duduk diwarung kopi.

“KOPI = Ketika Otak Perlu Inspirasi”

3. Main Game Dapat Uang

Game online merupakan permainan menggunakan komputer atau smartphone yang terhubung dengan internet. Game online hingga kini sangat populer. Ada banyak pilihan permainan sesuai dengan hobi kamu. Ada perang-perangan, membangun sebuah desa, dan ada juga game untuk kamu yang hobi mengemudi.

Banyak alasan orang untuk bermain game online, ada yang iseng, punya banyak waktu senggang, sampai maniak game. Para gamers ini bisa menghabiskan waktu berjam-jam bahkan berhari-hari di depan komputer atau smartphone mereka. Ada beberapa cara menghasilkan uang dari game, yaitu :

9 Game Online Yang Dapat Menghasilkan Uang

1. Dari Youtube gaming

Disini anda bisa bermain game sambil me record dan di upload ke youtube dan bisa juga dengam mambuat tutorial cara bermain game.

2. Dari sponsor

Bagi anda seorang programer, kalau memang anda beruntung, bukan tidak mungkin akan ada perusahaan yang akan menghubungi anda untuk menjadi tekhnisinya. Atau kalau anda seorang gamers sejati, bukan hal yang mustahil, ketika sebuah perusahaan ingin menjadi sponsor anda dalam bermain game. Dan pastinya uang ratusan juta atau miliar siap menunggu anda.

3. Dari jual item 

Mungkin banyak yang belum tau harga item digame itu mahal. Contohnya saja harga satu set arcana dota 2, bisa mencapai 1 jutaan. Bahkan ada yang  puluhan juta. Dan ini tergantung game yang dimainkan juga.

Jadi, sambil ngopi main game. Asyiknya dapat, uangnya dapat.

Nah, setelah menjelaskan berbagai info menarik tentang hal-hal positif yang dapat diambil ketika nongkrong di warung kopi, apakah warung kopi masih menjadi bom atom bagi generasi Aceh? Ah Sudahlah. Daripada nongkrong di kuburan, mending nongkrong di warung kopi.

[Atjehpost, Dreamteknopedia, Sahabat kopi, Gila Game, Brilio.net, Cermati.com, Viva.blog]

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY