Fadliana Surya : Penderita Thalasemia Di Aceh Perlu Perhatian

620
Fadliana saat bersama salah satu pasien Thalasemia di Banda Aceh (Dok. Pribadi)

Acehraya.co.id – “Penderita thalasemia di Aceh saat ini terdata 280 orang, dengan usia antara 3 sampai 17 tahun. Mereka harus kita peratikan,” ujar Fadliana Surya, yang akrab disapa Lily, penggagas Nagekeo Care Thalasemia, Minggu (10/4).

Ditemui di RSUDZA, Lily bersama Ketua Blood for Life Fondation (BFLF), Michael, mengunjungi sejumlah penderita yang tengah dirawat di rumah sakit milik pemerintah daerah tersebut.

“Semangat hidup mereka tinggi. Mereka tampak senang dan sangat bersemangat ketika berinteraksi dengan kami,” katanya.

Menurut Lily, kunjungan mereka ke penderita ini, hanya sebagai perantara dari para donator. Para donator yang tersebar dari seluruh Indonesia, katanya, sangat peduli kepada anak-anak penderita thalasemia.

“Kami mengantar sumbangan nasi sebanyak 50 kotak, juga membawa 25 paket bingkisan kepada adik-adik, berupa buku mewarnai, crayon, buku diary, peralatan tulis menulis, susu, biskuit dan lainnya,” ujar gadis manis kelahiran Sigli, yang pernah ikut Sail Komodo ini.

Dalam Nagekeo Care Thalasemia ini, yang ditonjolkan adalah mengajak para thalasemia untuk menulis apa yang mereka rasakan, fikirkan, dan impikan. “Dari sana kita bisa melihat dan mengetahui apa yang sedang mereka rasakan dan mereka butuhkan” ujarnya.

Ketua BFLF, Michael menguraikan, “Sudah seharusnya di RSUDZA menempatkan perwakilan yang dibutuhkan oleh masyarakat seperti Baitul Mal, Dinas Kependudukan, dan BPJS. Terkadang masyarakat kelupaan membawa Kartu Keluarga, terpaksa harus kembali ke daerah mereka dengan segala keterbatasan biaya, sangat tidak efektif,” katanya.

Seharusnya, tambah Michael, di zaman yang serba online ini, hal seperti itu tidak harus terjadi. Semuanya bisa dipermudah.

“Saya mengajak semua pihak agar lebih peduli terhadap para penderia thalasemia. Mereka sangat membutuhkan bantuan dari kita. Dengan melihat mereka, kita jadi lebih bersyukur diberi kesehatan dan tiada kekurangan suatu apa pun dari yang Maha Kuasa,” kata Lily. []

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY