Zaini Minta Upaya Penegakan Hukum Lingkungan Harus Lebih Tegas

352
Workshop lintas lembaga Se-Aceh di Hotel Oasis, Banda Aceh, Selasa (12/4/2016)

Acehraya.co.id – Gubernur Aceh, Zaini Abdullah meminta aparat penegak hukum agar lebih tegas dalam menangani perkara kejahatan lingkungan dalam upaya mengkampanyekan perlindungan dan pelestarian alam di Aceh.

Hal tersebut dinyatakan saat membuka Workshop Kerjasama Lintas Lembaga Membangun Kemitraan Dalam Pencegahan dan Penegakan Hukum Lingkungan Hidup Aceh di Hotel Oasis, Banda Aceh, Selasa (12/4/2016).

Aspek penegakan hukum menurut Zaini merupakan salah satu hal yang utama, di samping sosialisasi kepada publik dan kerjasama dengan masyarakat yang terlibat lansung dalam upaya merawat dan menjaga kelestarian lingkungan.

“Harus kita akui, proses penegakan hukum lingkungan tidaklah semudah yang kita bayangkan, masih banyak tantangan dan keterbatasan seperti kurangnya SDM, biaya serta waktu yang relatif lama. Namun upaya penegakan hukum lingkungan tetap harus dijalankan dan ditingkatkan,” ujarnya.

Zaini mengatakan dalam hal pelestarian lingkungan, berdasarkan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, setidaknya ada enam bidang yang harus diperhatikan, yaitu proses perencanaan, pemeliharaan, pemanfaatan, pengawasan, pengendalian dan penegakan hukum.

“Dalam menjalankan upaya tersebut, saya mendorong peran lembaga pemerintah dan lembaga konservasi lingkungan dalam menjalankan tugas lebih optimal dan bertanggung jawab di bidang lingkungan dengan memperkuat keterlibatan masyarakat,” katanya.

Kerja sama antara lembaga pemerintah dan elemen masyarakat tersebut penting menurut Zaini karena dinilai dapat mendorong pemerintah bekerja lebih optimal dan mengajak masyarakat untuk berpartisipasi aktif mendukung tindakan hukum terhadap para perusak lingkungan itu.

Menurutnya, Pemerintah Aceh tetap berkomitmen dalam melakukan berbagai upaya pelestarian lingkungan sejalan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Aceh tahun 2012-2017, khususnya menyangkut lingkungan hidup dan kebencanaan.

“Kami berkomitmen untuk terus memperkuat kemitraan dan kerja sama dengan berbagai pihak agar mampu menjaga dan merawat lingkungan Aceh lebih baik lagi,” ujarnya. []

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY