Google Yakin, Bahwa Iklan Youtube Lebih Efektif Dibanding Iklan Di TV

448

Acehraya.co.id – Klaim Google yang menyebut periklanan pada salah satu saluran bisnisnya, YouTube, lebih efektif dalam menyakinkan konsumen, menuai tanggapan dari sejumlah pelaku industri pertelevisian.

Menurut The Next Web, klaim ini disampaikan oleh petinggi Google untuk wilayah Eropa, Matt Brittin, pada konferensi periklanan. Brittin menyebut, iklan YouTube 80 persen lebih efektif jika dibandingkan dengan iklan di televisi.

Klaim yang disampaikan Google ini juga didukung oleh GM EMEA MarketShare, Lucien van der Hoeven, yang menyebut beberapa negara di Eropa dan Inggris mulai berinvestasi lebih banyak pada video digital.

Hal ini mendapat reaksi dari sejumlah pelaku industri pertelevisian, yang diwakili oleh Thinkbox. Perusahaan pemasaran TV ini mengelola sejumlah saluran seperti Sky, ITVdan Channel 4. Perwakilan Thinkbox menyebut TV masih dibutuhkan untuk membangun merek lebih baik dibandingkan medium lain.

Selain lebih mampu menghasilkan keuntungan lebih banyak, perwakilan ini juga menyebut, TV masih mampu menarik perhatian pengiklan skala besar. Pengiklan skala ini dinilai lebih tertarik untuk menyisipkan iklan di acara unggulan seperti Limitless on Sky.

Namun, klaim perwakilan Thinkbox terbantahkan oleh beberapa studi terbaru mencatat kategori demografis dengan rentang usia 16-24 tahun yang menjadi target pasar dari sebagian besar pengiklan, lebih banyak menghabiskan waktu dengan menikmati konten digital secara online, dibandingkan dengan menonton televisi. []

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY