Acehraya.co.id – Guru-Guru di Desa Samar Kilang, Kecamatan Syiah Utama, Kabupaten Bener Meriah mendapat kesempatan untuk mengikuti Training Education for sustanable Development (ESD) / Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan ( PPB ) yang diadakan oleh WWF Indonesia.

Training ini diadakan selama dua hari, mulai dari tanggal 31 Mei sampai 1 Juni 2016 yang lalu, serta di ikuti oleh dua sekolah yaitu, SD Negeri Samar Kilang dan SMP Negeri Samar Kilang.

Acara dibuka oleh Dewi Nopita Sari, Staf WWF Indonesia Northern Sumatra Program dan dilanjutkan oleh Zainuri, S.Pd, Kepala Sekolah SMP Negeri Samar Kilang. Team Fasilitator sendiri berasal dari WWF Indonesia. Training diikuti sebanyak 40 peserta, yang terdiri dari guru-guru sekolah SD dan SMP Negeri di Samar Kilang.

Materi yang diberikan antara lain penyampaian pesan-pesan lingkungan dengan memasukkan tiga prinsip yaitu ekologi, ekonomi, dan sosial, metodologi pembelajaran yang berbasis PBB, serta bagaimana menyusun strategi dengan menggali potensi lokal di sekitar sekolah.

Hasil amatan Acehinsight.com, para peserta sangat antusius mengikuti training ini. Terlihat dari kehadiran mereka yang tidak pernah absen. Peserta mengharapkan akan ada training lanjutan untuk lebih memperkaya pengetahuan tentang PPB dan bagaimana menyusun Silabus yang berkaitan dengan kurikulim 2013.

”Di Provinsi Aceh sendiri, ada beberapa sekolah yang masuk sebagai target pengembangan ESD. Kami sudah mensosialisasikan dan mengembangkan ESD di beberapa kabupaten di Provinsi Aceh. Pada tahapan selanjutnya akan diseleksi sekolah mana yang menjadi sekolah dampingan oleh pihak WWF. Sasaran ESD di Provinsi Aceh sendiri adalah educator yang terdiri dari guru-guru dan kepala sekolah,” jelas Dewi Nopita Sari, Staf WWF Indonesia Northern Sumatra Program.

Baca Selengkapnya

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY